Penyesuaian Kurikulum Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.7495Kata Kunci:
Covid-19, hybrid learning, kurikulum, materi esensialAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model penyesuaian kurikulum yang perlu dilakukan sekolah pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di tahun ajaran baru. Model penyesuaian kurikulum menjadi relevan untuk dibuat ketika sekolah-sekolah harus melaksanakan hybrid learning karena pemerintah mendorong pembukaan sekolah disertai sejumlah pembatasan, termasuk pembatasan hari tatap muka dan jumlah siswa yang harus dilakukan karena situasi Pandemic Covid-19. Menggunakan pendekatan qualitative case study, peneliti menggali model penyesuaian kurikulum yang dilakukan di SD Santo Yakobus Jakarta. Peneliti menggali data melalui wawancara 10 orang guru, observasi kegiatan pelatihan dan demo kelas, serta dokumen terutama tentang pedoman pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hasil penelitian menunjukkan enam langkah beserta kegiatan yang perlu dilakukan sekolah dalam menyesuaikan kurikulum, yakni analisis profil siswa, penyederhanaan materi, pembuatan modul, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelatihan aplikasi serta evaluasi dan perbaikan terus menerus.
Referensi
Cahapay, M. B. (2020). Rethinking Education in the New Normal Post-COVID-19 Era: A Curriculum Studies Perspective. Aquademia, 4(2), ep20018. https://doi.org/10.29333/aquademia/8315
Danker, B. (2015). Using Flipped Classroom Approach to Explore Deep Learning in Large Classrooms. The IAFOR Journal of Education, III(I), 171–186.
Doringin, F. (2020). The central role of school vision to strategize the change in elementary schools in Indonesia. In E. J. Byker & A. Horton (Eds.), Elementary Education: Global Perspectives, Challenges and Issues of the 21st Century (pp. 27–40). Nova Science Publishers.
Fullan, M., Quinn, J., Drummy, M., & Gardner, M. (2020). Education Reimagined: The Future of Learning. 1–34. http://aka.ms/HybridLearningPaper
Kepmendikbud. (2020). Kepmendikbud Pedoman, 719/P/2020 tentang Satuan, Pelaksanaan Kurikulum pada Khusus., Pendidikan dalam Kondisi. Kemendikbud.
Liliawati, W., Rusnayati, H., Purwanto, & Aristantia, G. (2018). Implementation of STEAM Education to Improve Mastery Concept. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012148
Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45288
Sanjaya, J. B., & Rastini, R. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. Journal of Indonesian Law (JIL), 1(2), 14. https://doi.org/10.18326/jil.v1i2.161-174
Serdyukov, P. (2017). Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it? Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 10(1), 4–33. https://doi.org/10.1108/jrit-10-2016-0007
Sumarbini, S., & Hasanah, E. (2021). Penerapan Kurikulum Darurat Pada Masa Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Semin , Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 9–18.
Won, A. S., Bailey, J. O., & Yi, S. (2020). Work-in-Progress-Learning about Virtual Worlds in Virtual Worlds: How Remote Learning in a Pandemic Can Inform Future Teaching. Proceedings of 6th International Conference of the Immersive Learning Research Network, ILRN 2020, iLRN, 377–380. https://doi.org/10.23919/iLRN47897.2020.9155201
Zafirov, C. (2013). New Challenges for the Project Based Learning in the Digital Age. Trakia Journal of Sciences, 11(3), 298–302. https://doi.org/10.1007/0-387-32216-7
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id