Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.6649Kata Kunci:
Respon siswa, Blended Learning, Google classroomAbstrak
Abstract. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Wundulako di masa pandemi covid-19 merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan Kuisioner. Teknik pengambilan sampel secara random dengan jumlah sampel 73 responden yang terdiri dari siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Wundulako tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Wundulako terhadap penerapan model pembelajaran blended learning dengan menggunakan platform google classroom di masa pandemi covid-19 ditinjau dari aspek atensi/ketertarikan, relevansi, kepercayaan diri dan kepuasan secara keseluruhan mendapat persentase berkategori positif. Ditinjau dari aspek atensi berkategori sangat positif dengan jumlah persentase 80,05%, aspek relevansi berkategori positif dengan jumlah persentase 68,15%, aspek kepercayaan diri berkategori positif dengan jumlah persentase 66,70%, dan aspek kepuasan berkategori positif dengan jumlah persentase 65,16 %. Dapat disimpulkan secara keseluruhan siswa SMA Negeri 1 Wundulako memberikan respon yang positif.Referensi
Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 5, No. 1, Hal. 64–70. (http://www.jipp.unram.ac.id,).
Amelia, Y., & Darussyamsu, R. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Matapelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19. Bioilmi, Vol 6, No. 2, hal. 86–93 (http://jurnal.radenfatah.ac.id, ).
Agustiani, M., Ningsih, S., & Muris, A. A. 2019. Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Blended Learning Melalui Edmodo di Universitas Baturaja. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.17, No. 2, hal. 108–119. (https://ejournal.upi.edu,).
Budiyono, F. 2020. Implementasi Blended Learning di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, September, 9–12. (http://ejournal.kopertais4.or.id,).
Durahman. 2018. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Multimedia Pembelajaran Bagi Guru Madrasah Pada Diklat Di Wilayah Kerja Kemenag Kabupaten Cianjur. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 7, No. 34, Hal. 215–221.(http://bdkbandung.kemenag.go.id,).
Ferdiansyah, H., N, Z., Yakub, R., & H, A. (2021). Penggunaan Model Blended Learning terhadap Hasil Belajar di masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 329-334. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2075
Handoko, & Waskito. 2019. Blended Learning : Konsep dan Penerapannya: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK)
Kirna, I. M., Sudria, I. B. N., & Tegeh, I. M. 2015. Apa Respons Dan Harapan Siswa Sma Tentang Blended Learning?, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 48, (Online), Vol. 1, No. 3, Hal. 15–26. (http://ejournal.undiksha.ac.id,).
Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. 2019. Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 2, Hal. 145–152. (http://ejournal.upi.edu).
Risnawati, & Thahir, M. 2020. Blended Learning Melalui Google Classroom : Studi Kasus Di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Milenial: Journal for Teachers and Learning, Vol. 1, No. 1, Hal. 17–24. (https://ejournal.anotero.org/index.php,).
Rosali, E. S. 2020. Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE). Vol. 1, No. 1. (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index).
Rusdiana, A., Sulhan, M., Zaenal, I., & Ahmad, A. U. 2020. Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19, (http://digilib.uinsgd.ac.id,).
Putri, W. D., & Wanto, D. 2020. Persepsi Orang Tua Terhadap Surat Edaran Kemendikbud Tentang Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. AtTa’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. Vol.12, No.2, (http://ejournal.staindirundeg.ac.id).
Muis, A., & Bahri, A. 2018. Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School dalam Blended Learning pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Teaching and Learning, Vol.1, No. 2, (http://ojs.unm.ac.id,).
Navastara, D. A., dkk. 2020. Pemanfaatan Platform Google Classroom untuk Pembelajaran Daring di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy, Bangkalan, Madura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4, No. 3, Hal. 175–182. (http://iptek.its.ac.id,).
Novitasari, Y., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. 2018. Respons afektif pebelajar terhadap pemberian tugas pada pembelajaran blended learning. JKTP (jurnal kajian teknologi pendidikan), Vol. 1, No. 2, (http://jurnal2.um.ac.id,).
Nur, A.S. 2019. Google Classroom Kelebihan Kelemahan dan Cara Penggunaan, (https://annasafitri09.wordpress.com/2019/05/13/google-classroom-kelebihan-kelemahan-dan-cara-penggunaan/).
Setiawan, T. H., & Aden. 2020. Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), Vol. 3, No. 5, (http://journal.ikipsliwangi.ac.id,).
Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (Jki), No. 1, Vol. 1, Hal. 1–3. (http://ejurnal.ubharaja.ac.id,).
Sutrisna, D. 2018. Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa menggunakan google classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 13, No. 2, Hal. 69–78. (http://joural.uniku.ac.id,).
Sandi, G. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 45, No. 3, Hal. 241–251. (http://ejournal.undiksha.ac.id,).
Wicaksono, V. D., Dan, & Rachmadyanti, P. 2016. Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar. Prosiding Sendika, Vol. 5, No. 1, (http://publikasiilmiah.ums.ac.id,).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id