Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab al-Syamail Muhammadiyah

Penulis

  • Anita Aprilia Ahmad Dahlan University
  • Samsul Azwar Ahmad Dahlan University
  • Muhammad Zaid Adnan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6312

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Kitab Al-Syamail Muhammadiyah Tirmidzi, kepribadian Nabi.

Abstrak

Artikel ini mencoba membahas tentang kepribadian Nabi saw sehari-hari yang dimana terkandung nilai-nilai moral baik yang bisa dicontoh oleh siapa pun. Misalnya bagaimana beliau mengajarkan hidup mandiri, sederhana dan peduli terhadap orang lain. Nilai-nilai moral tersebut diambilkan dari kitab yang begitu popular di kalangan umat Islam yaitu kitab al-Syamail Muhammadiyah Imam Tirmidzi Tujuannya adalah mengungkap hadis-hadis yang terdapat dalam kitab tersebut dari sudut pandang Pendidikan agar bisa menjadi acuan dalam mendidik generasi yang akan datang menjadi generasi yang lebih bermoral. Metode penelitian yang digunakan adalah memilih hadishadis yang disesuiakan dengan tema yang dirasa perlu untuk dibahas lalu kemudian dianalisis selanjutnya hasil Analisa tadi di deskripsikan.Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya pendidikan karakter bukanlah barang yang baru, karena di dalam sumbersumber ajaran Islam salah satunya al-Qur’an tidak sedikit kisah-kisah orang terdahulu yang menceminkan kepribadian yang baik yang patut dicontoh. Misi Nabi saw sebagai penyampai wahyu adalah menyempurnakan nilai-nilai moral yang rusak pada waktu itu.

Referensi

Ainiyah, N. a. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum .

Desmita. (2009 ). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja.

Eko, H. (2011). Character Buildding for Teens . Yogyakarta: Leutikaprio.

Fitri, A. Z. (2012). Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Be rbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Gibbon, E. (1776). History of The Decline and Fall of the Roman Empirer.

Gunawan, I. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung Alfabeta.

Harta. (n.d.). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs.

Krippendorf, K. (2004). Content Analysis: an Introduction to Its Methodology. London: Sage Publications.

Lickona. (1996). Eleven Priciples of Effective Character Education. Journal of Moral Education , 93-100.

Malik, H. L. (2008). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. ejournal.unib.ac.id .

Saurah, A. I. (1986). al-Syamail al-Muhammadiyah . Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan KarakterJurnal Pendidikan Karakter . https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316 .

Sweet, E. D. (n.d.). How to do Character Education.

Tanjung, I. (2017). Pemberian Hadiah Kepada Pegawai: Tinjauan Hukum Islam dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 . AT-TAFAHUM: Journal of Islamic Law , 72–85.

Wardani, K. ( 2010). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan KI Hadjar Dewantara. ”proceedings of the 4th international conference on teacher education; join conference UPI & UPSI BANDUNG .

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif. Yogyakarta: UNY Press.

Diterbitkan

2022-01-05