Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5920Kata Kunci:
Implementation, Religious character education, School CultureAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter keagamaan melalui budaya sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru PAI, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter keagamaan melalui sekolah di SMA Mujahidin Pontianak melalui kegiatan rutin, keteladanan, kegiatan spontan dan pengkondisian. Kegiatan rutinnya adalah sholat berjamaah, membaca surah pendek Al-Qur'an dan berdoa sebelum dan sebelum pembelajaran, infaq setiap hari jum'at, dan piket kelas Kegiatan keteladanan dari cara berpakaian yang rapi dan sopan serta disiplin dari kepala sekolah, guru,tenaga administrasi dan tenaga kependidikan lainnya. Kegiatan spontan pemberian santunan jika ada warga yang sukhaekha. Pengkondisian berupa penyediaan fasilitas seperti mushola, tempat wudhu yang terpisah antara putra dan putri, tempat penyimpanan Al-Qur'an, slogan/poster yang berkarakter, penyediaan tempat sampah dan lingkungan sekolah yang bersih dan rapi.
Referensi
Bogomaz, S. A., Litvina, S. A., Kozlova, N. V., & Atamanova, I. V. (2015). Culture-specific Subjective Evaluation of Character Strengths. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 200(October), 92–100. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.024
Kholis, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Melalui Budaya Sekolah. 05(02), 047–065.
Lubab, S. B. B. (2017). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Religius Siswa di MTS Nurul Huda Dempet Demak.
Megawati, Sulistyarini, & Ulfah, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius oleh Guru Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMA YPK Pontianak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Lokal (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). 1(1), 1–10.
Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter Disekolah. 31(12), 723–730. https://doi.org/10.13347/j.cnki.mkaq.2010.09.001
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197
Siswanto. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. Pendidikan Karakter, 8 Nomor 1, 92–107.
Sulistyarini, Rosyid, R., Dewantara, J. A., & Purwaningsih, E. (2020). Pancasila Character Education in Teaching Materials to Develop College Students’ Civic Disposition. 418(Acec 2019), 325–330. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.063
Surya, P. (2012). Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Penguatan Budaya Sekolah untuk Implementasi Pendidikan Karakter. School Culture. https://doi.org/10.4135/9781446219362
Syamsuri, S. (2019). Analisis Konsep Theory Of Planned Behavior Terhadap Pembelajaran Wirausaha Dan Pendidikan Ekonomi Keluarga Pelaku Umkm. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 101–113. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.9795
Widodo, H. (2017). Manajemen Perubahan Budaya Sekolah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287–306. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-05
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id