Profesionalisme Guru Pascasertifikasi
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.497Abstrak
Penelitian tentang Profesionalisme Guru Pascasertifikasi di Masyarakat Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh sertifikasi profesionalisme guru terhadap kinerja pascasertifikasi di masyarakat Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sertifikasi profesionalisme guru terhadap kinerja pascasertifikasi di masyarakat Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara mendalam, teknik dokumentasi dari hasil foto. Dan yang menjadi sasaran penelitian adalah masyarakat yang benar-benar di anggap telah mengikuti program sertifikasi guru. Responden di pilih langsung oleh peneliti melalui teknik purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru sebelum sertifikasi belum begitu maksimal dalam membuat perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan RPP, ketika mengajar para guru masih menggunakan metode ceramah, belum menggunakan media pembelajaran dan strategi pembelajaran, sehingga kurang inovasi kreatifitas mengembangkan pembelajaran karena hanya terpaku pada metode, strategi dan media yang sudah sering di lakukan. Tetapi setalah sertifikasi kinerja guru dikatakan meningkat karena dapat dilihat bahwa para guru membuat Silabus dan RPP secara mandiri, menggunakan strategi dalam metode pembelajaran ketika proses belajar mengajar, menggunakan metode pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dimiliki serta dapat meningkatkan kesejahteraan para guru karena adanya tunjangan profesi tersebut.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Pascasertifikasi
Referensi
Danim, Sudarwan. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif ( Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: AV Publisher
Gunawan Iman. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Hasanah, Nur. Makalah Teori David Mcclelland, (Online). Dari Http://izulblogs. blogspot.com/2010/04/teori-motivasi-kebutuhan-david-mcclelland. html ( Diakses : 10 April 2015, Pukul: 20.15 WITA )
Muslich, Mansur. (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nur, Hidayath, Irfan. (2013). Profesionlisme Guru Pai Pasca Sertifiksi. (Online). Dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24276/1/Irfan%20Nur%20Hidayat.pdf. ( Diakses 19 April 2015, Pukul: 10.35 WITA )
Payong, Marselus, R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT Ideks.
Peraturan Pemerintah Republik Idonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Saondi, Ondi. & Aris Suherman. (2012). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta CV.
Suyanto & Asep Djihad. (2012). Bagaimana Menjadi Calon Guru da Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Tim Penyusun FKIP Unismuh. (2013). Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar
Undang – Undang Republik Indoesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang – Undang Rebublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id