Peranan Polisi Sektor Kajuara dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i1.490Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja di Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone dan bagaimana upaya Polsek Kecamatan Kajuara dalam menanggulangi kenakalan remaja.nPenelitian ini adalah jenis penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dalam bentuk analisis yuridis sosiologis. Metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. kualitatif deskriftif, meliputi rangkaian kegiatan yang sistematik untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja di Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone yaitu faktor Biologis, Psikogenis, Sosiogenis, dan Subkultural (2) Peranan Polisi Sektor Kajuara dalam menanggulangi kenakalan remaja yaitu dengan pendekatan-pendekatan kepada tokoh-tokoh agama dan masyarakat agar dapat membimbing dan menasehati para remaja agar menghindari perbuatan yang melawan hukum; Melakukan patroli rutin untuk meminimalisir terbukanya kesempatan remaja berperilaku menyimpang, selain itu juga melakukan rasia minuman beralkohol, obat-obat terlarang, senjata tajam, dan barang-barang lainnya yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di tempat-tempat tertentu; Melakukan penegakkan hukum dengan melaksanakan proses hukum pada remaja-remaja yang melakukan kejahatan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kata kunci : Peranan, Penanggulangan, Kenakalan Remaja.
Referensi
Ali, M. (1985). Penelitian Pendidikan-Prosedur dan Strategi. Bandung: Aksara
Arikunto, Suharsimi. (1999). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). (Edisi Revisi) Jakarta: Rineka Cipta
Basrowi. (2005). Pengantar Sosiologi, Ghalia Indonesia. Bogor.
Kartono, Kartini. (2006). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kartono, Kartini. (1988). Psikologi Sosial. Rajawali Pers. Jakarta.
Kelana, Momo. (1994). Hukum Kepolisian. Jakarta: Grasindo
Mas’udi, Masdar Farid. (2010). Syarah UUD 1945 Perspektif Islam (edisi baru). Tangerang Selatan: PT. Pustaka Alfabet.
Miles Matthew B dan A, Michael Huberman.(1992). Analisis Data Kualitatif.Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Moleong, J. Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Edisi Revisi) Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musbikin, Imam. (2013). Mengatasi Kenakalan Siswa Remaja. Pekanbaru Riau: Zanafa Publishing.
Poerwandari, E. K. (1980). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Psikologi. Jakarta. Lembaga Pengamatan Sarana Pengukuran Dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Prakoso, Djoko. (1987). Polri Sebagai Penyelidik dan Penegakan Hukum. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif (teori dan praktek). Jakarta: Raja Grafindo.
Ristzer, George. (2012). Teori Sosiologi (Edisi Kedelapan 2012). Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar
Sarwono, W. Sarlitio. (2012). Psikologi Remaja (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeth
Soedjono. (1982). Menanggulangi Kejahatan. Bandung: IKA
Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan (Suatu Pendekatan Baru). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. (2012). Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar.
UU RI No. 22.Tahun. (2002). Kepolisian Negara Republik Indonesia. Bandung: Citra Umbara.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id