Pengaruh Model Think Pair Share dan Model Retelling Story Terhadap Kemampuan Menyimak dan Keterampilan Kolaborasi Siswa : Studi Kuantitatif di MAN 1 Ketapang
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i1.17414Kata Kunci:
Think Pair Share, Retelling Story, Kemampuan Menyimak, Keterampilan Kolaborasi, PLS-SEMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dan Retelling Story terhadap kemampuan menyimak dan keterampilan kolaborasi siswa di MAN 1 Ketapang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimental kuasi menggunakan desain pretest-posttest control group. Data dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS. Sampel penelitian terdiri dari 114 siswa yang dibagi ke dalam dua kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair Share secara signifikan meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, sedangkan model Retelling Story memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan menyimak. Namun, model Think Pair Share tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyimak, dan model Retelling Story tidak memberikan dampak yang berarti terhadap keterampilan kolaborasi. Temuan ini diperkuat dengan analisis model struktural yang menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan interaksi sosial dan pemahaman siswa terhadap materi secara berbeda.Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada interaksi sosial memiliki dampak positif terhadap pengembangan keterampilan abad ke-21, khususnya dalam aspek menyimak dan kolaborasi. Hasil ini memberikan implikasi bagi pendidik dalam memilih strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam lingkungan madrasah.
Referensi
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.
Babbie, E. (2016). The practice of social research (14th ed.). Cengage Learning.
Brownell, M. T., & Walther-Thomas, C. S. (2002). Creating inclusive classrooms: Effective and reflective practices. Pearson.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 18(1), 39-50.
Garrison, D. R., & Anderson, T. (2003). E-learning in the 21st century: A framework for research and practice. Routledge.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage Publications.
Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365-379.
Kline, R. B. (2016). Principles and practice of structural equation modeling (4th ed.). The Guilford Press.
Lai, E. R. (2011). Critical thinking: A literature review. Pearson.
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and learning 21st century skills: Lessons from the learning sciences. In Phi Delta Kappan (Vol. 93, No. 3, pp. 8-13). Phi Delta Kappa International.
Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktek (Diterjemahkan oleh Nurulita). Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id