Etika dan Praktik Keagamaan di Era Digital: Mempertahankan Nilai di Tengah Kemajuan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i1.17184Kata Kunci:
Praktik Keagamaan, Etika Digital, Literasi Digital, Kemajuan TeknologiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji transformasi praktik keagamaan di era digital dan mengidentifikasi tantangan etika yang timbul akibat penggunaan teknologi dalam ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur untuk menganalisis berbagai referensi terkait etika dan praktik keagamaan di era digital guna memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai tantangan dan peluang dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan di tengah kemajuan teknologi. Temuan utama menunjukkan bahwa transformasi praktik keagamaan di era digital membawa manfaat dalam hal kemudahan akses, tetapi juga menghadirkan tantangan etika terkait keaslian ajaran, otoritas agama, integritas nilai agama, privasi data, dan komersialisasi. Penyebaran informasi yang tidak terverifikasi dapat mengaburkan ajaran yang sah, sementara kemudahan akses dapat mengurangi pemahaman mendalam tentang agama. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran etis guna menjaga integritas ajaran agama dan memastikan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab. Untuk menjaga kesakralan dan integritas ajaran agama, dibutuhkan upaya bersama dalam meningkatkan literasi digital dan kesadaran etis dalam menghadapi kemajuan teknologi di era digital.Referensi
Ahammad, T., Uddin, M. K., Yesmin, T., Karim, A., Halder, S., & Hasan, M. M. (2021). Identification of Abusive Behavior Towards Religious Beliefs and Practices on Social Media Platforms. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(6), 855–866. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2021.0120699
Asadullah, A., Yerima, B., & Yusuf, A. O. (2014). The ethics of information and communication technology : an Islamic overview. International Journal of Information and Communication Technology Research, 4(2), 45–49.
Baharuddin, T., Widayat, R. M., Qodir, Z., & Jubba, H. (2021). The Narrative And Collectivity Of The Deradicalization Movement Regarding Terror Actions In Indonesia : A Twitter Analysis. Jurnal Ilmu Sosial, 20(1), 95–110. https://doi.org/10.14710/jis.20.1.2021.95
Danarta, A. (2022). Social Ethics Political Buzzer in the Living Religions (Qur’an and Hadith). Jurnal Sosiologi Agama, 16(1), 89–102. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jsa.2022.161-06
Herțeliu, A. M. (2023). A Brief Comparative Study between the Seventh-Day Adventist Church and the Romanian Orthodox Church regarding (Online) Religious Worship during the COVID-19 Pandemic. Religions, 14(11), 14111353. https://doi.org/10.3390/rel14111353
Hidayatullah, E. I., & Purbasari, L. T. (2022). Analysing Repeat Alms Donation Behavior via Digital Platform. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 677. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4618
Karso, A. J., Baharuddin, T., Idrus, I. A., Anirwan, Takdir, M., & Syafitri, F. (2024). Peacebuilding with social media: Case analysis of labeling separatist groups as terrorists in Indonesia. Sociología Y Tecnociencia, 14(1), 88–105. https://doi.org/https://doi.org/10.24197/st.1.2024.88-105
Kurniawan, R., Lestari, F., Batubara, A. S., Nazri, M. Z. A., Rajab, K., & Munir, R. (2021). Indonesian Lexicon-Based Sentiment Analysis of Online Religious Lectures Review. 2021 International Congress of Advanced Technology and Engineering, ICOTEN 2021, 1–5. https://doi.org/10.1109/ICOTEN52080.2021.9493530
Maulida Rohmatul Laili, Retpitasari, E. R., & Irma Juliawati. (2023). Interpretasi Islam Atas Wacana Childfree Gita Savitri. Kediri Journal of Journalism and Digital Media (KJOURDIA), 1(1), 44–69. https://doi.org/10.30762/kjourdia.v1i1.1384
Mila Rosa, E., Puspita, M., Samsul Mutaqin, R., & Zainul Ali, Z. (2022). Kontestasi Keberagamaan di Media Sosial: Kontra Interpretasi Radikalisme di Platform Youtube. Jurnal Penelitian Agama, 23(2), 175–196. https://doi.org/10.24090/jpa.v23i2.2022.pp175-196
Muntazah, A., & Andhikasari, R. (2022). Peran Media Digital Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Lembaga Filantropi Islam Di Indonesia. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i1.53
Oktavia, P., & Khotimah, K. (2023). Pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama islam di era digital. An Najah Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan, 02(05), 1–9.
Omar, M. N. (2022). Inovasi Pengajaran & Pemudahcaraan Menggunakan Aplikasi Ezi-Maq (Maharat Al-Quran) untuk Menarik Minat Pelajar Menguasai Ilmu Tajwid. Firdaus Journal, 2(2), 79–88.
Sabiq, M., Anwar, S. T., Arisnawawi, Ilyas, S., Muhajir, A., Aksyar, M., Suharsih, M., & Nurfadillah. (2022). Telaah Kritis Atas Kenyataan Gender, Agama dan Budaya di Indonesia. Azka Pustaka.
Sabiq, M., Arisnawawi, A., Murni, A., & Iskandar, A. M. (2023). Social Solidarity and Religious Based Islamic Sufism of Khalwatia Samman Thareqah Community. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), 23–44.
Tafonao, T., Gulo, Y., Situmeang, T. M., & Ditakristi, A. H. V. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Kristen dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen pada Anak Usia Dini di Era Teknologi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4847–4859. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2645
Thompson, D. A. (2020). Christ is Really Present, Even in Holy Communion via Online Worship. Liturgy, 35(4), 18–24. https://doi.org/10.1080/0458063X.2020.1832847
Yunus, I., Fiqhan, M., Brata, A. H., & Kharisma, A. P. (2018). Pengembangan Aplikasi Pengingat Salat Dengan Konsep Context-Aware Menggunakan MVP Pada Platform Android. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 3802–3809.
Zaid, B., Fedtke, J., Shin, D. D., El Kadoussi, A., & Ibahrine, M. (2022). Digital Islam and Muslim Millennials: How Social Media Influencers Reimagine Religious Authority and Islamic Practices. Religions, 13(4), 13040335. https://doi.org/10.3390/rel13040335
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id