Analisis Kekerasan Simbolik Pada Film Mrs. Chatterjee Vs Norway
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13679Kata Kunci:
Film, Kekerasan Simbolik, Analisis KontenAbstrak
yang menjadi persoalan adalah kekerasan bukan hanya sebuah praktik pelanggaran tetapi mejadi sebuah wacana yang berkembang dan kehidupan ditengah-tengah masyarakat salah satunya di dunia perfilman. Kekerasan simbolik mejadi fokus pada penelitian ini karena kekerasan ini cenderung takterlihat, tidak disadari serta tidak diketahui secara langsung dibandingkan dengan kekerasan yang berbentuk fisik yang terdapat pada film Mrs. Charterjee Vs Norwegia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Analisis konten bertujuan untuk memahami makna dan pesan yang terkandung dalam data tersebut. Metode kualitatif pendekatan analisis konten adalah metode penelitian yang menitikberatkan pada analisis mendalam terhadap isi suatu teks, dokumen atau dalam konteks pada sebuah film dengan tujuan untuk mengungkapkan makna untuk memahami konteks sosial, budaya, yang mempengaruhi konten.hasil analisis dalam film menunjukkan dominasi dan kontrol yang diberikan oleh individu atau lembaga yang memiliki kekuasaan lebih tinggi terhadap individu yang lebih lemah, baik dari segi gender, status sosial, maupun latar belakang etnis. Reproduksi Struktur Kekuasaan pada film juga menggambarkan bagaimana reproduksi struktur kekuasaan, terutama patriarki, terjadi dalam hubungan antara suami dan istri, serta dalam keputusan lembaga terhadap individuadapun kontribusi yang bisa dilakukan sebagai langkah maju dalam mengatasi ketidakadilan yang terjadi dalam kekuasaan kekuasaan di dalam masyarakat adalah pendidikan dan kesadaran akan kesetaraan gender, reformasi kebijakan yang mendukung kesetaraan gender dan etnis, penguatan dukungan hukum yang mendorong perlindungan hukum yang kuat bagi individu dan peningkatan kesadaran sosial dalam upaya mendorong masyarakat untuk memahami dan mengidentifikasi tindakan kekerasanReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Alya Denisa, T. A. (2022, September). Analisis Semiotika tentang Kekerasan Simbolik dalam Film ‘Story of Kale’. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 8(2), 113-124.
Amaliah, A. N. (2021, april). Analisis Kekerasan Simbolik Dalam Novel A Thousand Splendid Suns Karya Khaled Hosseini (Perspektif Pierre Bourdieu) Symbolic Violence Analysis In Novel A Thousand Splendid Suns By Khaled Hosseini (Pierre Bourdieu's Perspective). Kibas Cendrawasih, 18(1), 83-99.
Bourdieu, P. (2010). Dominasi Maskulin. Yogyakarta: Jalasutra.
Bourdieu, P. (1984). Distinction: A Social Critique of the Judgment of Taste. USA : Harvard University Press.
Baudrillard, J. (1983). In the shadow of the silent majorities - or the end of the social, and other essays. New York: Semiotex(e).
Chibber, A. (Sutradara). (2023). Mrs. Chatterjee Vs Norwegia [Gambar Hidup]. India.Hananta, E. P. (2013). Konten Kekerasan Dalam Film Indonesia Anak Terlaris Tahun 2009- 2011 . Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Mutiah, R. (2019). Sistem Patriarki Dan Kekerasan Atas Perempuan. Komunitas (Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam), 58-74.
Musarrofa, I. (2015). Mekanisme Kekerasan terhadap Perempuan dalam Rumah Tangga Perspektif Teori Kekerasan Simbolik Pierre Bourdieu. Asy-Syira'ah, 49, 459-476.
Neuendorf, K. A. (2017). The Content Analysis Guidebook (Vol. 2). Cleveland State University, USA: SAGE Publications, Inc.
Nur Ika Fatmawati, A. S. (2020). Pierre Bourdieu Dan Konsep Dasar Kekerasan Simbolik. MADANI (Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan), 41-60.
Rusmana, D. S. (2019, April). Bentuk Kekerasan Dalam Film “Han Gong Ju” (Analisis Isi Pada Film “HAN GONG JU”). Jurnal Represetamen, 5, 30-39.
Smith, J. (2023). The Influence of Violent Media on Youth Behavior: A Meta-Analysis. Journal of Communication Studies, 78-89.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. bandung: Alfabeta.
Siti Choiru Ummati Cholifatillah, T. A. (2020, juli). Kekerasan Simbolik Dalam Film “DILAN 1990” DAN “DILAN 1991”. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(1), 77-88.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id