Analisis Self-Efficacy Mahasiswa Dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka : Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Penulis

  • Ali Imron Pasaribu Universitas Malikussaleh
  • Mellyzar Mellyzar Universitas Malikussaleh
  • Pipit Rahmah Universitas Malikussaleh
  • Sri Rahayu Retnowulan Universitas Malikussaleh
  • Islami Fatwa Universitas Malikussaleh
  • Alda Sari Universitas Malikussaleh
  • Zunawanis Zunawanis Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11869

Kata Kunci:

MBKM, PMM, Self-efficacy

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mengetahui self efficacy atau tingkat kepercayaan diri mahasiswa peserta program PMM 2. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa yang mengikuti program PMM 2 di seluruh Indonesia dengan rincian sebanyak 56 universitas asal dan 20 universitas penerima. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah survey menggunakan angket self efficafy yang disusun berdasarkan indikator Bandura. Data yang dikumpulkan kemudian dikategorikan dalam tiga klasifikasi, yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa peserta PMM 2 masuk dalam kategori sedang. Sebanyak 79,34% mahasiswa peserta program PMM 2 memiliki self efficacy kategori sedang. Sedangkan sisanya sebanyak 9,09% memiliki self efficacy ketegori tinggi dan 11,57% masuk kategori rendah.

Referensi

Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1106–1111.

Azwar, S. (1994). Seleksi aitem dalam penyusunan skala psikologi. Buletin Psikologi, 2(2), 26–33.

Bandura, A. (2010). Self-efficacy -Bandura. The Corsini Encyclopedia of Psychology.

Herizal, H., Mellyzar, M., & Novita, N. (2020). Literasi Numerasi Ditinjau dari Pengetahuan dan Self-Efficacy Calon Guru Matematika. CV. AA. Rizky.

Kemdikbud. (2022a). Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 238/Sipers/A6/V/2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/pendaftaran-pertukaran-mahasiswa-merdeka-angkatan-2-resmi-dibuka#:~:text=Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka 13 Mei 2022

Kemdikbud. (2022b). Sebanyak 12.420 Mahasiswa Ikuti Program Pertukaran di 138 Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor : 501/Sipres/A6/VIII/2022.

Kemdikbudristek. (2021a). Panduan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Program Sarjana Terapan. Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek.

Kemdikbudristek. (2021b). Panduan untuk Mahasiswa Panduan Pendaftaran. Kemdikbudristek Republik Indonesia.

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Purwoko, R. Y., Chasanah, A. N., Setyawan, D. N., Sari, N. H. I., & Puspit, R. (2022). Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3712–3722.

Mellyzar, M., Herizal, H., & Novita, N. (2022). Pre-service teachers’ belief to achieve scientific literacy. AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1).

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915.

Sugiyono. (2016). Methods of quantitative, qualitative and R & D research. Alfabeta.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Dirjendikti Kemdikbud.

Diterbitkan

2023-09-07