Analisis Karakter Anak Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Tik-Tok Dan Youtube

Penulis

  • Sabrina Maudy Eka Pratiwi Nusantara PGRI Kediri University
  • Rani Agustina PGSD, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bahreysi Fitrah Addarany PGSD, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara PGSD, Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11378

Kata Kunci:

Tik-tok, Youtube, Karakter, Anak Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui:  1). aplikasi yang sering digunakan anak sekolah dasar antara aplikasi tik-tok dan youtube, 2). alasan kenapa menyukai aplikasi tik-tok dan youtube, 3). konten-konten apa yang digemari anak sekolah dasar di aplikasi tik-tok dan youtube, 4). dan karakter pada anak sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi tik-tok dan youtube. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 10 responden terdapat 4 anak menyukai apliaksi tik-tok, 4 anak menyuakai aplikasi youtube dan 2 anak menyukai aplikasi tik-tok dan youtube. Alasan mereka menyukai aplikasi tik-tok atau youtube banyak mengatakan kedua aplikasi tersebut menyenangkan dan menghibur. Konten-koten yang digemari mereka antara lain, konten game, musik, tutorial memasak, video pembelajaran, drama komedi dan video-video random lainnya. Kemudian hasil analisis terhadap karakter anak di temukan perubahan karakter dan diperlukannya peranan orang tua. Sehingga peneliti berharap orang tua harus lebih mengawasi, membimbing, dan mengontrol anak dalam menggunakan handphone tertutama saat mengakses aplikasi tik-tok dan youtube.

Referensi

Asmawati, Luluk. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1), 83.

Bulele, N.Y & T. Wibowo. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Sosial Sciences and Inovation Technology, 1 (1), 566.

Damariswara R. & F.A. Wiguna. (2019). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan (Studi Pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2016). STILISTIKA, 12 (2), 113.

Firdaus, Dhafon, et al. (2021). Analisis Pengaruh Tik-tok Rerhadap Remaja Di Bawah Umur 18 Tahun Pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi 2021, 12-13.

Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Fitrah, 3 (1), 117-118.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media sosial: Pespektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Sianipar, A.P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.

Diterbitkan

2023-09-07