Peran Sukarelawan Terhadap Anak Putus Sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.10795Kata Kunci:
Peran, Sukarelawan, Anak Putus SekolahAbstrak
Studi ini mendiskripsikan peran sukarelawan terhadap anak putus sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam menjelaskan secara komprehensif peran sukarelawan dengan mengambil lokasi penelitian di Kecamatan Patallassang. Data yang digunaka oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder dan tekni yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran sukarelawan sangat membantu bagi anak yang putus sekolah dengan memberi pengetahuan, pemahaman untuk tidak melakukan tindak kejahatan karena ketika malakukannya anak putus sekolah akan bermasalah dengan hukum. 2) Sukarelawan berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar nantinya jika menemukan masalah dalam hal pembinaan, pihak pemerintah juga dapat membantu baik itu bantuan materi ataupun bantuan tenaga dalam hal pembinaan anak putus sekolah. 3) Sukarelawan memberikan pembinaan psikologi untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak yang putus sekolah. Karena anak-anak yang tidak terdaftar secara resmi di sekolah formal, setiap harinya mereka hanya bekerja. 4) Sukarelawan melakukan pembinaan kepada anak putus sekolah dengan mengadakan berbagai kegiatan positif.Referensi
Abidin, Zainal, Prodi Pendidikan, Luar Sekolah, and Universitas Muhammadiyah Kendari. 2021. “Pendidikan Non - Formal : Pembinaan Anak Peranan Keluarga Dalam.” Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) 3: 10–23.
Arsita, Elmi, Syafruddin Syafruddin, and Muhammad Ilyas. 2022. “Anak Putus Sekolah (Studi Di Masyarakat Desa Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat).” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman 9(1): 43–48.
Barus, Yuda Perkasa. 2023. “Kegiatan Anak Putus Sekolah Di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 5: 2490–96.
Deswita, Yolania, and Desri Nora. 2022. “Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Perspektif 5(2): 257–66.
Faizin, Moh et al. 2023. “Tujuan Pendidikan Perspektif Ibn Miskawaih Moh.” Equilibrium : Jurnal Pendidikan 1(April): 122–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/index.
Himayati, Himayati, and Muhammad Agus Hardiansyah. 2022. “Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Pontang Kecamatan Pontang Kabupaten Serang Provinsi Banten.” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2): 322.
Pandu, Kristian Trikurnianto, Aminuyati Aminuyati, and Thomy Sastra Atmaja. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Menengah Pertama Di Desa Maju Karya Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau.” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2): 543.
Pratiwi, Endah Puspa, and Budhi Wibhawa. 2015. “Pengembangan Pendidikan Non Formal Melalui Program Keaksaraan Fungsional Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2(2): 169–74.
Ririk, Ririk, Lilianti Lilianti, and Mujiati Mujiati. 2022. “Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Anak Putus Sekolah Di SD Negeri Saponda Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) 2(2): 112–22.
Sazali, Sazali, and Heru Dian Setiawan. 2022. “Pemberdayaan Terprogram Anak Terlantar Putus Sekolah Di Rumah Yatim Al Abqo Aziyadah Depok.” Populis : Jurnal Sosial dan Humaniora 7(1): 126.
Yahya, Hadiyanto, Nofik Afriko,. 2022. “Perekonomian Penyebab Anak Putus Sekolah.” Education Achievement: Journal of Science and Research 3(2): 69–83.
Yusrianto Sholeh, R. Zaiful Arief, and Romiftahul Ulum. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Pada MA Al Mukhlisin Di Desa Kampao Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.” PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2(1): 178–92.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id