Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Moodle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10584Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Moodle, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran Moodleterhadap hasil belajar peserta didik . Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Serang dengan menggunakan metode korelasional, pendekatan kuantitatif serta pengambilan sampel dengan mengadopsi teknik proportional random sampling . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk media pembelajaran Moodle dan tes untuk hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Teknik korelasi yang digunakan yaitu rank spearman . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Moodle dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan nilai sig. ( 2 tailed ) 0,000 < 0,05 dan hasil Coefficient Correlations 0,945 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahawa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Moodle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran P endidikan Pancasila dan KewarganegaranReferensi
Anisa, N., & Edriati, S. (2023). PENGEMBANGAN PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ( LMS ) BERBASIS MOODLE PADA SMK NEGERI 1 RAO SELATAN. 6, 17–23.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590.
Gormantara, A., Tungadi, A. L., & Carolus, R. Y. (2023). Pengembangan Sistem E-Learning Berbasis Moodle. 10(1), 109–116. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i1.5527
Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Islam, 2(12), 167–183.
Junuarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2016). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Muslimah, T., & Fauziah, M. N. (2021). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 9(2), 234–241.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Oktaviani, R., Legiani, W. H., & Bahrudin, F. A. (2022). Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn. Journal of Civic Education, 5(3), 310–319. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.742
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rahman, A., & I Nyoman, J. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049
Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Pers.
Rusmana, Martha, I., & Isnaningrum, I. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Ict Dalam. Jurnal Formatif, 2(3), 198–205.
Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial & Bisnis dengan SPSS. CV Andi Offset.
Setyorini Ririn. (2015). Pengembangan ICT dalam Pembelajaran Pemanfaatan Internet sebagai Implementasi ICT Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, 1(November), 89–101. https://media.neliti.com/media/publications/171819-ID-pemanfaatan-internet-sebagai-implementas.pdf
Sugiyono. (2001). Statistik Nonparametrik untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id