Pengembangan Multimedia Interaktif Subener (Sumber Energi) Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6667Keywords:
Sumber Energi, Multimedia Interaktif Subener, Media PembelajaranAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 2 Lirboyo guru tidak menggunakan media dan hanya menggunakan metode ceramah, sehingga dilakukan penelitian pengembangan media interaktif subener di kelas IV materi sumber energi. Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media subener. Model pada penelitian ini adalah model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian 22 siswa kelas IV SDN 2 Lirboyo. Hasil penelitian pengembangan media subener yaitu: 1) media subener dinyatakan sangat valid dan sangat baik digunakan dengan presetase dari validasi media 92% dan 90% validasi materi; 2) media subener dinyatakan efektif dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 80% ; 3) media subener dinyatakan praktis dengan presentase respon guru 90% dan respon siswa 92%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran subener pada materi sumber energi dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.
References
Akbar, S . 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Arsyad Azhari. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Sekolah Menengah dan Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
UU No. 20 tahun 2003 , Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://luk.staff .ugm.ac.id. Diakses tanggal 15 Mei 2020
Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Sadiman , Arief S, dkk . 2007. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sugiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Kediri: Univ Nusantara PGRI
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta:Kata Pena
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandumg:Alfabeta
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Jakarta: Prenada Media Group
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id