Pengembangan Multimedia Interaktif Subener (Sumber Energi) Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD

Authors

  • Dita Ayu Wardyaning Siwi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Program Studi PGSD, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6667

Keywords:

Sumber Energi, Multimedia Interaktif Subener, Media Pembelajaran

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 2 Lirboyo guru tidak menggunakan media dan hanya menggunakan metode ceramah, sehingga dilakukan penelitian pengembangan media interaktif subener di kelas IV materi sumber energi. Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media subener. Model pada penelitian ini adalah model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket  dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian 22 siswa kelas IV SDN 2 Lirboyo. Hasil penelitian pengembangan media subener yaitu: 1) media subener dinyatakan sangat valid dan sangat baik digunakan dengan presetase dari validasi media 92% dan 90% validasi materi; 2) media subener dinyatakan efektif dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 80% ; 3) media subener dinyatakan praktis dengan presentase respon guru 90% dan respon siswa 92%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran subener pada materi sumber energi dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.

References

Akbar, S . 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Arsyad Azhari. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Sekolah Menengah dan Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

UU No. 20 tahun 2003 , Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://luk.staff .ugm.ac.id. Diakses tanggal 15 Mei 2020

Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Sadiman , Arief S, dkk . 2007. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Kediri: Univ Nusantara PGRI

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta:Kata Pena

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandumg:Alfabeta

Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Jakarta: Prenada Media Group

.

Downloads

Published

2022-01-05