Pengembangan Media Pembelajaran Daring Audio Visual Melalui Youtube Prosedur Keperawatan Maternitas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5863Keywords:
Keperawatan maternitas, media pembelajaran daring, audio visual, YouTubeAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran inovatif mata kuliah 1000 persalinan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, pengembangan media pembelajaran audio visual berani melalui YouTube. Sampel peneltian 30 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta. Pengumpulan data menggunakan format checklist, prosedur, dan evaluasi media pembelajaran. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitianini telah berisi video pembelajaran prosedur-prosedur persalinan. Hasil evaluasi siswa menunjukkan 96,7% menyetujui video pembelajaran membantu memahami materi perkuliahan dan membuat mahasiswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. 93.3% mendukung lebih bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran, 96.7% mendukung Video membantu mahasiswa mampu melakukan redemonstrasi sesuai video contoh. Seluruh mahasiswa (100%) menyetujui Video membantu mempraktekkan prosedur yang dilakukan secara mandiri. mahasiswa (96.7%) menyetujui video yang percaya diri saat ujian praktek karena kesempatan untuk dapat latihan mandiri. sebagian besar mahasiswa (63,3%) tidak merasa terbebani dengan penugasan membuat video redemonstasi prosedur kolaborasi maternitas dan 63.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa telah tersusunnya video demonstarsi prosedur perawatan membantu mahasiswa untuk mendemonstarsikan kembali prosedur yang telah diajarkan. Rekomendasi penelitian ini adalah melanjutkan tahapan selanjutnya untuk pembuatan Modul Prosedur 1000 Maternitas.
References
Abdul Bari Saifudin;Trijatmo Rachimhadhi; Gulardi H.Wiknjosastro. 2016. Ilmu Kebidanan. 4th ed. edited by Abdul Bari Saifudin. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia, and (AIPNI). 2016. Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015 Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.
Cahyo, Danang Nur. 2015. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMUNIKATIF DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN GERBANG DASAR DIGITAL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN.”
Deswani. 2019. Asuhan Keperawatan Prenatal Dengan Pendekatan Neurosains . Malang: Wineka.
Fitri Andriani Setianingsih. 2017. “PERBEDAAN METODE VIDEO TUTORIAL DAN SIMULASI DENGAN DEMONSTRASI TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MELAKUKAN SKILLS TRACHEOSTOMY CARE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.” Retrieved (http://eprints.ums.ac.id/53849/14/NASKAH PUBLIKASI 2.pdf).
Indah Permata Sari; Sundari. 2019. “Penerapan Video Pembelajaran Dapat Meningkatkan Keterampilan Klinis Dalam Pendidikan Keperawatan: A Literature Review.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 5(1). Retrieved (https://ejournal.upi.edu/index.php/JPKI/article/view/15128/pdf).
Karsidi, Ravik. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung.
Kemdikbud RI. 2020. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.” Http://Kemdikbud.Go.Id/ (Mei).
Maria Imaculata Ose. 2018. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pertolongan Resusitasi Jantung Paru Dengan Satu Penolong Pada Serangan Jantung.” Journal of Borneo Holistic Health 1(2):255–63. Retrieved November 21, 2020 (http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth/article/view/511/0).
Media, Laksamana. 2009. YouTube Dan Google Video. Yogyakarta: MediaKom.
Munawaroh, Siti, Sujiono, and Vivi Yosafianti Pohan. 2019. “Efektifitas Media Audio Visual (Video) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Pemeriksaan Fisik Pada Mahasiswa S1 Keperawatan.” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 171–76.
Murtiningsih. 2020. “Channel YouTube:UMMI Channel.” Retrieved (https://www.youtube.com/channel/UCEjPkxb7G9SutXF5z6844Ww).
Murtiningsih. 2021. “RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER M . K . Keperawatan Maternitas I Semester III Kelas A TA 2020 / 2021.” 1–25.
Nilam Cahayani. 2017. “Penggunaan Media Pembelajaran Video Youtube Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Di Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Padang.” Retrieved (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/serupa/article/viewFile/8329/6407).
Nurbaeti, Irma, Puspita Palupi, Maulina Handayani, and Kustati Lestari. 2013. “Asuhan Keperawatan Pada Ibu Postpartum Dan Bayi Baru Lahir.” 136. Retrieved (https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/38020/1/IRMA NURBAETI - FKIK.pdf).
Nurul Magfirah. 2021. “PERANAN VIDEO YOUTUBE SEBAGAI ALTERNATIF.” 1(2):51–58.
Pongantung, Henny, Elmiana B. Linggi, Asrijal Bakri, and Pricilia Tore. 2020. “Indonesia Journal of Learning Education and Counseling.” 3(1):19–25.
Rasnah Abd Rahman; Salizar Mohamed Ludin. 2005. Prosedur Kejururawatan Menggunakan Proses Keperawatan. Kuala Lumpur: Pearson Malaysia Sdn Bhd.
Ratu, Dian, Ayu Uswatun, and Hascaryo Pramudibyanto. 2020. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sinestesia 10(1):41–48. Retrieved November 21, 2020 (https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44).
Reeder;Martin;Koniak Grifin. 2012. Keperawatan Maternitas. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sari, Lurita. 2020. “Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Tawadhu 4(1):1074. Retrieved November 21, 2020 (https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/226).
Wibawanto, Hari. 2019. Perancangan Web Pembelajaran. Tangerang: Universitas terbuka.
Widyanti, E. 2020. “Analisis Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Youtube Di Masa Pandemi.” Al-Rabwah XIV(1):1–18.
Yuliani, Meda, Janner Simarmata, Siti Saodah Susanti, Eni Mahawati, Rano Indradi Sudra, Heri Dwiyanto, Edi Irawan, Dewa Putu, Yudhi Ardiana, Ika Yuniwati, Penerbit Yayasan, and Kita Menulis. 2020. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan. 1st ed. edited by A. Rikki. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id