Kesetaraan Gender Pegawai Dinas Pertanian
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i1.518Abstract
Setiap masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan pada dasarnya berhak memperoleh keadilan gender terutama kepada kaum perempuan. Keadilan gender yang dimaksud adalah adanya derajat dan posisi yang setara antara laki-laki dan perempuan di dalam masyarakat untuk melakukan aktivitas diberbagai bidang seperti bidang pekerjaan khususnya. Tujuan penelitian adalah (i) Mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap kesetaraan gender. (ii) Mengetahui mengapa kesetaraan gender di Dinas Pertanian Kabupaten Takalar belum terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik Purposive Sampling.Teknik penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi.Kategori yang digunakan yaitu informan kunci dan informan umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (i) Persepsi masyarakat terhadap kesetaraan gender adalah perempuan dapat memperoleh kebebasan untuk beraktivitas di luar rumah seperti menuntut ilmu, bekerja sebagai pegawai kantoran tanpa adanya tekanan sehingga perempuan akan memiliki derajat yang sama dengan laki-laki dan tidak terjadi lagi penindasan terhadap perempuan. (ii) Kesetaraan gender pada Dinas Pertanian belum terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor akses, faktor partisipasi, faktor manfaat, dan faktor kontrol. Serta peran dan pembagian kerja antara kaum laki-laki dan kaum perempuan masih kaum laki-laki yang mendominasi.
Kata Kunci: Kesetaraan Gender, Pegawai Dinas, Pertanian
References
A. Black James & J. Champion Dean. (1992). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung : PT. Eresco.
Asyhari.(2009). Kesetaraan Gender Menurut Nasaruddin Umar dan Ratna
Megawangi (Studi Kasus Pemikiran Dua Tokoh). Yogyakarta: Jurnal.
Fakih, Mansour.(2013).Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Judistira.(1996). Ilmu-ilmu Sosial (Dasar-Konsep-Posisi). Bandung: Program
Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran Bandung.
Juliani, Rany.(2011). Persepsi Pekerja Tentang Kesetaraan dan Keadilan Gender
dalam Pelaksanaan Peraturan Kerja di PT. ITS. Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Bogor: Jurnal.
Marzuki.(2008). Studi Tentang Kesetaraan Gender Dalam Berbagai Aspek.Jurnal.
Mosse,Julia Cleves. (2007). Gender & Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Narwoko, J. Dwi& Bagong Suyanto. (2010). Sosiologi Teks Pengantar
danTerapan(Edisi Ketiga). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ollenburger, Jane C & Helen A. Moore. (2002).Sosiologi Wanita. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Saifuddin, Achmad Fedyani. (2010). Pengantar Teori-teori Sosial (Dari Teori
Fungsionalisme Hingga Post-Modernisme). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2014).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sulaeman Munandar & Siti Homzah.(2010.) Kekerasan Terhadap Perempuan
(Tinjauan Dalam Berbagai Displin Ilmu & Kasus Kekerasan. Bandung:
Refika Aditama.
Sunarto, Kamanto. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial (Persepektif Klasik,
Modern, Posmodern, dan Poskolonial). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tahir, Muhammad. (2014). Metodologi Penelitian.Makassar. Universitas
Muhammadiyah Makassar.
Wirawan I.B. (2013).Teori-teori Sosial Dalam Tiga Paradigma (Fakta Sosial,
DefinisiSosial,& Perilaku Sosial). Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id