Implementasi Pendidikan Kewanitaan di Perguruan Tinggi Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4830Keywords:
Woman Education, Woman Character, Tertiary Educational Institution of Islamic Boarding SchoAbstract
Problematics of high pregnancy before marriage, abortion case, and divorce in Indonesia, showing that education has not implicated positive for woman character. However, woman is a key of genesis superior prospective in the future. This thing is also realized by Islamic boarding school based on religion dogmas interrelated education for woman. This article examine deeply about concept and implementation of woman education in the tertiary educational institution of Islamic boarding school. Data in this research are collected by method of participant observation, interview and documentation. Then those data are reduced, provided as conceptual to be taken the conclusion. Result of research indicated that woman education in the tertiary educational institution of Islamic boarding school included by three elements: regulation, actor and feedback. This woman education is being on expression values Islamic, Tarbawi and Ma’hadi. By purpose producing Muslim woman who are salihah, qanitah, hafidzah linafsiha, raiyah fi baiti zaujiha, murabbiyah liawladiha dan qa’idah liqaumiha.
References
Abdulmannan, Ukasyah. 1998. Wanita Mengapa Merosot Akhlaknya. Jakarta: Gema Insani Press.
Algifahmy, Ayu Faiza. 2018. “KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN.” 10.
Alparizi, Patur, and Ach. Nurholis Majid. 2021. “PENDIDIKAN EMANSIPATORIS DALAM PERSPEKTIF PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD ABDUH.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(9):1885–96. doi: 10.47492/jip.v1i9.352.
Anon. 2018. “Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan Menurut Para Ahli.” SILABUS. Retrieved September 17, 2020 (https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/).
Anon. n.d. “KESEHATAN REPRODUKSI DAN NIKAH DINI.” Retrieved September 17, 2020a (https://www.bkkbn.go.id/detailpost/kesehatan-reproduksi-dan-nikah-dini).
Anon. n.d. “Tekan Angka Hamil Di Luar Nikah Tak Dengan Kondom, Efektifkah?” Retrieved September 16, 2020b (http://blokbojonegoro.com/2020/01/14/tekan-angka-hamil-di-luar-nikah-tak-dengan-kondom-efektifkah/).
Anon. n.d. “Video Panas Gadis Madura Berzina 10 Kali Dengan Pacar Disebar Di Grup WhatsApp, Ini Kronologinya - Surya.” Retrieved September 16, 2020c (https://surabaya.tribunnews.com/2020/03/27/video-panas-gadis-madura-berzina-10-kali-dengan-pacar-disebar-di-grup-whatsapp-ini-kronologinya).
Asmaniyah. 2021a. “Implementasi Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”
Asmaniyah. 2021b. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”
Bagian Akademik. 2021. “Materi-Materi Kuliyah Pagi.”
Hasanah, Uswatun. 2021a. “Implementasi Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”
Hasanah, Uswatun. 2021b. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”
Jayani, Dwi Hadya. n.d. “Ramai RUU Ketahanan Keluarga, Berapa Angka Perceraian di Indonesia? | Databoks.” Retrieved September 16, 2020 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/20/ramai-ruu-ketahanan-keluarga-berapa-angka-perceraian-di-indonesia).
Ma’had Al-Amien. 2021. “Data Peraturan-Peraturan Tertulis.”
Mahfud, Mahfud. 2018. “DILEMATIS TENTANG PENDIDIKAN PEREMPUAN (KONSEP KESETARAAN GENDER).” Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam 3(1). doi: 10.24235/tarbawi.v3i1.2860.
Muri’ah, Siti. 2011. Nilai-Nilai Pendidikan Islam & Wanita Karir. Semarang: RaSAIL Media Group.
Muthoifin, Muthoifin, Mohamad Ali, and Nur Wachidah. 2017. “PEMIKIRAN RADEN AJENG KARTINI TENTANG PENDIDIKAN PEREMPUAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM.” Profetika: Jurnal Studi Islam 18(1):36. doi: 10.23917/profetika.v18i1.6299.
Putra, Ary Antony. 2017. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1(1):41–54. doi: 10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.
Qamar, Mujamil. n.d. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: ERLANGGA.
Risdianti, Ana. 2019. “Pengaruh Corrective Feedback dalam Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa.” 6.
Rizqiyyah, Fajriyatur. 2021a. “Observasi Aktivitas Mahasiswa Intensif Putri.”
Rizqiyyah, Fajriyatur. 2021b. “Observasi Kegiatan Kuliah Pagi.”
Rohman, Nur Moh Arif. 2017. “Pemikiran R.A KartiniI Tentang Pendidikan Wanita Di Jawa 1891-1904.” Universitas Jember.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Syahid, Akhmad. 2017. “Metode Pendidikan Rasulullah Muhammad SAW Terhadap Kaum Perempuan.” 01:13.
Takarini, Tifa. 2021. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”
Tidjani, Afifah. 2020. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”
Tidjani, Afifah. 2021. “Implementasi Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”
TIM PENGEMBANG ILMU PENDIDIKAN FIP-UPI. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. 1st ed.
Wahid, Musleh. 2018. Pedoman Akademik Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep. 1st ed. Prenduan: IDIA Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id