Fenomena Plagiarisme Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i1.483Abstract
Plagiarisme adalah sebuah realitas yang sering terjadi di kalangan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena plagiarisme mahasiswa di kota Makassar, bentuk-bentuk plagiarisme serta faktor penyebab mahasiswa melakukan plagiarisme dalam mengerjakan tugas perkuliahannya. Jenis Penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan cara penentuan sampel melalu teknik Purposive Sampling dengan memilih beberapa informan yang memiliki kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Dengan informan berjumlah 16 orang mahasiswa sebagai sampelnya. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa fenomena plagiarisme dikalangan mahasiswa Kota Makassar memang menjamur dan dari berbagai jawaban yang peneliti dapati dari informan semuanya positif menyatakan pernah melakukan tindakan plagiarisme untuk memenuhi tugas perkuliahannya serta Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan bentuk-bentuk perilaku plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Faktor-faktor penyebab timbulnya perilaku plagiarisme tersebut ada tiga bentuk, yaitu: (1) mengambil tulisan orang lain kemudian diakui sebagai karya sendiri, (2) mengambil ide atau batang tubuh pikiran orang lain untuk selanjutnya dirubah ke dalam bahasa sendiri dan (3) mengambil teks secara keseluruhan tanpa mengubah tulisan maupun menambah dengan analisis maupun komentar apapun. Pemicu terjadinya plagiarisme: (1) perkembangan teknologi informasi dan (2) tingginya intensitas tugas perkuliahan sedangkan alokasi waktu yang tersedia sangat terbatas.
Kata Kunci : Fenomena, Plagiarisme, Mahasiswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id