Belenggu Produk Modernisasi Terhadap Disparitas Siswa (Studi Kasus Penggunaan Handphone di SMA Muhammadiyah Sungguminasa)
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i1.2599Keywords:
Belenggu, Modernisasi, Disparitas, Handphone, Prestasi Belajar.Abstract
Hasil penelitian dari penggunaan handphone di lingkungan SMA Muhammadiyah Sungguminasa menyebabkan dampak posistif dan dampak negative tapi kebanyakan dampak negative yang ditimbukan seperti, adanya jarak antar siswa dalam hal komunikasi dimana siswa berdekatan tapi jarang terjadi interaksi dikarenakan masing-masing sibuk dengan handphone nya, siswa main handphone pada saat pembelajaran berlangsung, menurunnya motivasi belajar siswa sehingga mempengaruhi prestasi belajarnya.
Masalah penggunaan handphone di lingkungan SMA Muhammadiyah Sungguminasa bisa diatasi dengan mengambil sisi positifnya dengan memanfaatkan handphone kearah yang posistif seperti, mencari materi pelajaran yang tidak ada dalam buku pelajaran. Penggunaan handphone di lingkungan sekolah tidak boleh dibiarkan begitu saja dan itu juga susah untuk dihindari karena memang sekarang zaman modernisasi yang dimana ketika tidak mampu menggunakan teknologi yang ada maka akan menyebabkan ketertinggalan, jadi masalah penggunaan handphone harus dihadapi dengan memanfaatkannya sebagai sumber pembelajaran karena cakupan dari internet itu sangat luas yang bisa kita akses sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
References
Upe, Ambo. 2010. Tradisi Aliran dalam Sosiologi. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
Poloma, Margaret M. 2010. Sosiologi Kontemporer. Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada
Pranomo, Bambang M. 2013. Sosiologi Sebuah Pengantar. Tanggerang, Laboratorium Sosiologi Agama
Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
globalisasi-dan-modernisasi
Lauer, Robert H. 2001. Prespektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Shadily, Hasan. 1963. Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta, PT. Pembangunan
Susanto, Phil Astrid S. 1999. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta. Putra A. Bardin
Ciremai, Anak. (2010). Makalah Modernisasi dan Globalisasi.
Boudrillard, Jean P. 2004, Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Effendy, Onong Uchjana, 2005. Komunikasi dan Modernisasi. Bandung: Mandar Maju.
Kleden, Ninuk dan Probonegoro, 2004. Ekspresi Karya (Seni) dan Politik Multikultural: Sebuah Pengantar. Jakarta : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Nazaruddin, Muzayin dan Masduki, 2008. Media, Jurnalisme dan Budaya Populer. Yogyakarta: UII Press.
Tikson, T. Deddy, 2005. Keterbelakangan dan Ketergantungan : Teori Pembangunan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Makassar : Ininnawa.
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Ametembun, N. A. 1981. Supervisi Pendidikan Penuntun Bagi Para Kepala Sekolah dan
Guru-Guru, Suri, Bandung: Suri.
Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soedijarto. 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad
XXI. Jakarta: PT. Grasindo.
Tilaar, H. A. R. 1990. Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI.
Jakarta: Balai Pustaka.
Zamroni. 2001. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
http://www.afand.cybermq.com/post/detail/2761/dampak-positif-dan-dampak- negatif
http://www.wikipedia.com (diakses pada 10 Mei 2019)
http://id.shvoong.com, (diakses pada 10 Mei 2019)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id