Pendidikan Karakter Menurut Guru Haji Ismail Mundu
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15442Keywords:
Character Building, Guru Haji Ismail MunduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan membahas Pendidikan karakter menurut Guru Haji Ismail Mundu, peneliti menggunakan metode konten analisis yang terdapat pada karya-karya beliau. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa prinsip dan nilai Pendidikan karakter menurut Guru Haji Ismail Mundu yaitu 1) nilai religius, Guru Haji Ismail Mundu menganjurkan seseorang untuk berusaha dalam belajar Agama dan Ilmu yang berkaitan dengan Ibadah. 2) larangan fitnah dan mengumpat. 3) sikap dermawan, pada sikap ini Guru Haji Ismail Mundu mengajak untuk gemar bersedekah dari harta yang telah dititipkan Allah Ta’ala SWT. 4) Guru Haji Ismail Mundu melarang untuk bersifat tamak dan rakus
References
Abdurrahman, R., & Kurniawan, R. R. (2022). Sedekah Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1. https://osf.io/bhkcs/download
Ad, M., Nurmansyah, I., & Oktaviana, S. K. (2022). Biography of the Mufti Sultanate in West Kalimantan: H. Muhammad Basiuni Imran (1885-1976 AD) and H. Ismail Mundu (1870-1957 AD). 01(02), 91–108. https://doi.org/10.24090/jihm.v1i2.6958
Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1521–1534. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269
Dewa, R. S., Lathifah, Z. K., & Indra, S. (2023). Konsep Kurikulum Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 1(5).
Firmansyah, H. (2023). Biografi Dan Pengaruh Guru H. Ismail Mundu Di Teluk Pakedai Kubu Raya. 8(4), 5570–5576.
Fitria, N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona Dan Yusuf Qardhawi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Husain, M. (2016). Karya ulama dalam membangun kedamaian di Kalimantan Barat. Al-Qalam. http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/223
Jabbar, L. A., Mahrus, E., Bunsu, H., & Yapandi, Y. (2013). Sejarah Kerajaan Kubu. digilib.iainptk.ac.id. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/4231/Sejarah Kerajaan Kubu___Buku Luqman AJ dkk.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Latif, U. (2015). Konsep fitnah Menurut Al-qur’an. Jurnal Al-Bayan, 22(31).
Mahrus, E. (2007). Falsafah dan Gerakan Pendidikan Islam Maharaja Imam Sambas Muhammad Basiuni Imran (1885-1976) (F. Ihwan (ed.)). Yayasan Pesisir, STAIN PONTIANAK PRESS.
Marzuki., D. (2015). Pendidikan Karakter Islam (N. L. Nusroh (ed.); ke 1). Impritn Bumi Aksara. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132001803/penelitian/34. Pendidikan Karakter Islam.pdf
Mu’in, F. (2019). Pendidikan Karakter : Perspektif Teoritis dan Gagasan Praktis.
Muh. Idris. (2018). Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII, 77–102. https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-
Mundu, I. (1345). Khutbah Peresmian Masjid Batu.
Musawwamah, S., & Taufiqurrahman, T. (2019). Penguatan karakter dalam Pendidikan sistem persekolahan (implementasi PERPRES nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan karakter). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 16(1), 40–54.
Muslih, M. (2022). Pendidikan Karakter Religius pada Peserta didik di Sekolah Dasar At-Tarbiyah Al-Islamiyah. Conference of ElementaryStudies, 254–260.
Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048
Omeri, N. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Prof. Darmiyati Zuchdi, E. D., & Wiwiek Afifah, M. P. (2021). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika Dalam Penelitian. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=YoM_EAAAQBAJ
Ramadhan, Y. L. (2022). Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER). UIN Syarif Hidayatullah.
Rianawati. (2014). Implementasi Nilai -Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran. IAIN Pontianak Press. https://books.google.co.id/books?id=yhtaDwAAQBAJ
Ripai, M. M. (2018). Korupsi dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Terhadap Tafsīr Ṣafwat Al-Tafāsīr Karya Muhammad Ali Al-Ṣabūnī [UIN Sunan Gunung Djati]. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8711
Riyadhi, B. (2011). Guru Haji Ismail Mundu : ulama legendaris dari Kerajaan Kubu (N. Mujahidah (ed.)). Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Kubu Raya.
Salim, M. H., (Indonesia), P. L. dan K. K., & Masyarakat, S. T. A. I. N. P. P. P. dan P. pada. (2011). Sejarah Kesultanan Sambas, Kalimantan Barat. Kerjasama Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M), STAIN Pontianak. https://books.google.co.id/books?id=ez93MAEACAAJ
Sani, R. A., & Kadri, M. (n.d.). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Vq_xDwAAQBAJ
Sistia, N., Putri, E., Setiani, F., Sandy, D. M., & Fath, A. (2023). Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201. https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1166945052%0Ahttps://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/5557/3493
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Tahir, M. (2013). Tamak dalam perspektif hadis. Jurnal Al Hikmah, XIV(1), 13–28. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/413
Zakariya, D. M. (2020). Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali. Tadarus, 9(1), 92–108. https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5463
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id