Analisis Rancangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas I Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13547Kata Kunci:
Teaching Module, Independent Curriculum, Pancasila EducationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil desain modul analisis pembelajaran kelas II Kurikulum Merdeka. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data utama yang dijelaskan adalah komponen isi modul pengajaran kurikulum mandiri kelas II siswa sekolah dasar. Modul ajar PPKn Kelas II 2021 digunakan sebagai sumber data pembelajaran. Guru masih kurang baik dalam menyusun tujuan pembelajaran dengan menggunakan aspek ABCD yang lengkap dan menggunakan kata kerja operasional yang sesuai. Trigger question yang dibuat guru belum mampu menumbuhkan berpikir kritis pada siswa. Modul terbuka yang telah memuat guru memuat kegiatan pembelajaran yang runtut, terperinci dan sistematis. Namun belum ada perkiraan waktu yang jelas untuk setiap titik kegiatan. Modul ajar yang telah disiapkan guru sudah sesuai, terdapat rubrik penilaian kerja bagi siswa, baik penilaian individu, kelompok, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Namun, belum ada bagian penilaian yang menunjukkan jenis-jenis penilaian penilaian. Remedial dan pengayaan tidak sesuai dengan program remedial dan pengayaan karena tidak mencantumkan langkah-langkah program seperti mengidentifikasi masalah, menyusun rencana sesuai masalah, melaksanakan remedial dan pengayaan, melaksanakan nilai, dan menentukan nilai akhir. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun modul pengajaran.Referensi
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS
Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Hendryadi, H., Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis
dan Akademik. Pedoman Penelitian Bisnis Dan Akademik. Jakarta: LPMP Imperium., 218.
Izzah Salsabilla, I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum
Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawauniversity.ac.id/JLPI/article/view/384
Lidi, M. W. (2019). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar.
Foundasia, 9(1), 15–26. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis
Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.
Masithoh, D. D., Abdah, Z. A. El, & Anshori, I. (2019). Program Perbaikan dan Pengayaan. Umsida, 1–
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar
Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Sagita Mawaddah, F., & Keguruan dan, F. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal
Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
Yesika, D. H., Pribowo, F. S. P., & Afiani, K. D. A. (2020). Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam
Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 36–46.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id