Cerita Rakyat Banjar: Sebuah Alternatif Pola Pendidikan Sosial Budaya Masyarakat Lahan Basah di Kalimantan
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.12651Keywords:
Cerita Rakyat, Banjar, NilaiAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan jumlah tontonan yang dilakukan oleh masyarakat Banjar dari berbagai kalangan melalui media online maupun offline. Hal ini menyebabkan generasi sekarang semakin tidak mengetahui cerita rakyat Banjar. Namun, cerita rakyat adalah salah satu cara terbaik untuk mengajarkan nilai-nilai sosial budaya. Cerita rakyat adalah jenis legenda lisan yang berlangsung dari generasi ke generasi. Cerita rakyat mengajarkan kita nilai-nilai budaya yang dapat kita gunakan sepanjang hidup kita. Akibatnya, cerita rakyat merupakan salah satu kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Sayangnya, cerita rakyat jarang diketahui atau didongengkan oleh masyarakat saat ini. Oleh karena itu, tujuan dari tim peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengumpulkan semua cerita rakyat Banjar dari aspek teks, latar belakang, makna, dan nilai yang terkandung di dalamnya. Harapan publikasi penelitian ini adalah agar cerita rakyat Banjar diperkenalkan kembali kepada masyarakat Banjar dan seluruh masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini, pendekatan diskriptif kualitatif digunakan. Penelitian ini akan mengumpulkan berbagai cerita rakyat yang masih diceritakan secara lisan. Nilai sosial budaya yang terkandung di dalamnya akan dipelajari kemudian.References
Afifah, S. H., Respati, R., & Hidayat, S. (2022). Peran lagu anak terhadap penanaman nilai karakter siswa di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 38–54.
Alfisyah. (2019). Tradisi makan urang Banjar (kajian folklor atas pola makan masyarakat lahan basah. Padaringan, 1(3), 97-109. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 1(2), 97–109.
Apriati, Y., Alfisyah, & Azkia, L. (2020). Revitalisasi Folk Song ( Nyanyian Rakyat ) Sebagai Media Penanaman Nilai Dikalangan Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan media dimana nyanyian dapat disampaikan dan diperdengarkan melalui tehnologi audio maupun video maka nyanyian tradisional yang mengand. 9(2), 1109–1119.
Asnawi. (2020). Kategore dan fungsi sosial teks cerita rakyat masyarakat banjar hulu sebagai pengukuh warisan kebudayaan lokal bangsa. 9(3). Jurnal Sastra Indonesia, 9(3).
Constantine, R. (2018). Folklore and Legends. Encyclopedia of Marine Mammals, 384–385. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-804327-1.00131-x
Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, dongeng, dan lain-lain. (Pustaka Ut).
Danandjaja, James. (1994). Metode Mempergunakan Folklor sebagai Bahan Penelitian Antropologi Psikologi dalam Antropologi Psikologi: Teori, Metode, dan Perkembangannya. Rajawali Press.
Daud, A. (1997). Islam dan Masyarakat Banjar: Deskripsi dan Analisa Kebudayaan Banjar. Raja Grafindo Persada.
Endraswara. (2010). Foklor Jawa: Macam, Bentuk, Dan Nilainya. Penaku.
Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal usul watu dodol. Jentera, 6(1).
Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Graha Ilmu.
Lanhui Cai a, Kum Fai Yuen b, Diancen Xie a, Mingjie Fang c, X. W. a. (2021). Consumer’s usage of logistics technologies: Integration of habit into the unified theory of acceptance and use of technology. Technology in Society, 67. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101789
Lincoln, Y. . dan G. E. G. (1985). Naturalistic Inquiry.
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.
Sakti, B. P. (2017). Indikator pengembangan karakter siswa Sekolah Dasar, Magistra, 29(101), 1-10. Magistra, 29(101), 1–10.
Syakur, A. & Khoiroh, M. (2021). Local wisdom for civil religious harmony in Indonesia: An ethnographic investigation on Mbah Moni’s grave ritual in Babatan Village, Wiyung sub-district, Surabaya City. Jawa Timur Province. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42(3), 674–681.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id