Pemanfaatan Fitur Whiteboard pada Aplikasi Zoom Sebagai Sarana Pembelajaran Latihan Menulis Huruf Hiragana di Akpar BSI Bandung
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9385Keywords:
Huruf Hiragana, Pembelajaran Daring, Fitur WhiteboardAbstract
Abstrak.Huruf Jepang yang pertama kali harus dikuasai adalah hiragana, tiap huruf memiliki tata cara urutan penulisannya tersendiri. Salah satu faktor penghambat penguasaan huruf Jepang di masa pandemi ini yaitu para peserta didik tidak bisa melihat langsung bagaimana tata cara penulisan huruf tersebut. Banyak peserta didik hanya sekedarnya dalam menuliskan huruf hiragana, tanpa memperhatikan tata cara penulisannya. Media yang digunakan dalam pembelajaran hiragana secara daring adalah fitur whiteboard yang terdapat dalam aplikasi zoom meeting. Fitur ini adalah sebuah papan tulis digital yang dapat dimanfaatkan untuk membuat coretan, tulisan hingga gambar. Dengan fitur ini pengajar dapat mencontohkan tata cara penulisan huruf hiragana dengan menuliskannya di whiteboard, lalu peserta didik pun bisa ikut mencoba menuliskan huruf tersebut. Hasil dari penelitian ini mendapatkan respon yang positif dari para mahasiswa. Dengan fitur ini mahasiswa dapat mengetahui tata cara dan urutan penulisan huruf hiragana secara langsung, selain itu mahasiswa juga dapat berlatih menulis huruf hiragana di fitur whiteboard lalu bila terdapat kesalahan dalam penulisan huruf hiragana, dosen bisa langsung mengoreksi karena antara mahasiswa dan dosen terjadi interaksi dua arah saat pembelajaran.References
Archibald, M. M., Ambagtsheer, R. C., Casey, M. G., & Lawless, M. (2019). Using Zoom Videoconferencing for Qualitative Data Collection: Perceptions and Experiences of Researchers and Participants. Https://Doi.Org/10.1177/1609406919874596, 18. https://doi.org/10.1177/1609406919874596
Chik, A., & Benson, P. (2021). Commentary: Digital language and learning in the time of coronavirus. Linguistics and Education, 62. https://doi.org/10.1016/J.LINGED.2020.100873
Ely Satiyasih Rosali. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), Vol.1 No 1(1), 22. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921
Espino-Díaz, L., Fernandez-Caminero, G., Hernandez-Lloret, C. M., Gonzalez-Gonzalez, H., & Alvarez-Castillo, J. L. (2020). Analyzing the impact of COVID-19 on education professionals. Toward a paradigm shift: ICT and neuroeducation as a binomial of action. Sustainability (Switzerland), 12(14), 5646. https://doi.org/10.3390/su12145646
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866
Kadek, N., Utami, Y., Ds, M., Gema, N., & Persada, E. (2022). FITUR DESAIN PADA APLIKASI ZOOM SEBAGAI PENDUKUNG KONSULTAN ARSITEKTUR DI ERA PANDEMI. Jurnal Anala, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.46650/ANALA.10.1.1195.1-8
MacIntyre, P. D., Gregersen, T., & Mercer, S. (2020). Language teachers’ coping strategies during the Covid-19 conversion to online teaching: Correlations with stress, wellbeing and negative emotions. System, 94, 102352. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2020.102352
Mulyana, T. O. E. (2020). FAKTOR KESULITAN BELAJAR MENULIS HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X SMA LABSCHOOL SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 | Hikari. Hikari, 1(4), 61–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/33865
Setiawati, N. (2020). Pembelajaran Kanji II di Masa Pandemi Covid-19 dengan Bantuan Media Edmodo. Janaru Saja: Jurnal Program Studi Sastra Jepang, 9(November), 13–27. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/janarusaja/article/download/3565/2148
Wijayanti, A. A. R., & Poetranto, I. W. D. (2021). Chi ’ e : Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang. CHIE: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 9(1), 54–61.
Zoom Communication Inc. (2016). Security Guide. https://d24cgw3uvb9a9h.cloudfront.net/static/81625/doc/Zoom-Security-White-Paper.pdf
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id