Strategi Eksistensi Toko Kelontong di Jalan Kartika Jebres Surakarta Menghadapi Tekanan Modernisasi
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8147Keywords:
Strategi, Pemilik Toko Kelontong, Modal SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi eksistensi toko kelontong di Jalan Kartika Jebres Surakarta dalam menghadapi tekanan modernisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam keberjalanan toko kelontong, para pemilik toko berinteraksi dengan konsumen maupun agen distributor. Dalam interaksinya, terdapat unsur-unsur yang ada pada modal sosial yakni dengan adanya sebuah relasi jaringan yang terbentuk oleh interaksi intens antara pemilik toko dengan konsumen dan agen distributor sehingga timbul rasa kepercayaan antara satu dengan yang lain. Dalam interaksinya juga terdapat nilai-nilai informal seperti salam sapa, ramah senyum yang secara sadar maupun tidak sadar akan masuk ke dalam nilai dan norma kesopanan dalam menghargai lawan bicara. Kata Kunci : Strategi, Pemilik Toko Kelontong, Modal SosialReferences
A.C. Nielsen. (2005). Asia Pacific Retail and Shopper Trends 2005. www.acnielsen.de
Al Hudan, Juanda Yusuf. (2016). Dampak Sosial Ekonomi Berdirinya Minimarket Terhadap Toko
Kelontong disekitarnya (Analisis Deskriptif Toko Kelontong di Jl Ir Sutami dan Jl Kartika Jebres).
Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern Tahun
Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Fukuyama, Francis. (2008). Trust, Kebijakan Kebijakan Sosial. Yogyakarta: Qolam.
Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pratama, Ortessa Rizki. (2018). Modal Sosial Pedagang Pasar Legi di Era Modernisasi. Surakarta:
Universitas Sebelas Maret.
Rachman, Yoga Tantular & Dendy Syaiful Akbar. (2014). Analisis Kiat Toko Tradisional (Warung)
Untuk Bertahan Ditengah Maraknya Minimarket (Toko Modern). Surakarta: Universitas
Sebelas Maret.
Raharjo, Reza Haditya. (2015). Analisis Pengaruh Keberadaan Minimarket Modern Terhadap
Kelangsungan Usaha Toko Kelontong Di Sekitarnya. Semarang: Universitas Diponegoro.
Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Usman, Sunyoto. (2018). Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Westmark, Vickie R. (2004). A Definition for Information System Survivalibity. In 37th annual hawaii
international conference on system sciences, 2004. IEEE
Yuningrum, Heny. (2016). Usaha Untuk Meningkatkan Loyalitas Toko Kelontong dalam Menghadapi
Usaha Ritel yang Menjamur di Masyarakat. Semarang: UIN Walisongo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id