Pemberdayaan Masyarakat Desa Yang Buta Huruf
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i2.446Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif dan teknik Purposive Sampling.ditunjang pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, teknik dokumentasi dari hasil foto dan arsip yang dimiliki pemerintah setempat. Dalam penelitian ini Pemerintah setempat, pengelolah, tutor atau pengajar, dan masyarakat yang buta huruf di desa Bontomarannu yang dianggap bisa memberikan informasi atau data yang sesuai dengan penelitian.Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa apa yang diharapkan oleh pemerintah dengan diselenggarakannya program Pemberdayaan masyarakat desa yang buta huruf telah tercapai, yaitu adanya kemajuan warga belajar dalam bidang sosial maupun ekonomi. Secara sosial, masyarakat yang dulunya buta huruf sekarang mampu membaca, menulis, dan berhitung. Sedangkan secara ekonomi, masyarakat mampu berwirausaha secara mandiri dengan menerapkan materi keterampilan fungsional yang telah diberikan pada waktu proses pembelajaran program pengentasan buta huruf yang dilaksanakan oleh PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Satria Galesong.
Kata Kunci : Pemberdayaan, Masyarakat, Buta Huruf.
References
Adi, R, I. (2013). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan). Jakarta : Rajawali Pers.
Anwas, O, M. (2014).Pemberdayaan Masyarakat di Era Global.Bandung : Alfabeta.
Azzet, M, A. (2014). Pendidikan Yang Membebaskan.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Freire, P. (1999). Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
............. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas.Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia.
Hiryanto.(2008). Kebijakan Program Pemberantasan Buta Aksara.Tesis. Yogyakarta: PLS FIPs UNY
Labolo, M. (2014).Memaham iIlmu Pemerintahan: Suatu Kajian, Teori, Konsep, dan Pengembangannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Poloma, M. M. (2013). Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.
Pranarka A. M. W. dan Prijono Onny S, (1996).“Pemberdayaan : Konsep, Kebijakan dan Implementasi”. Jakarta : CSIS.
Mardikanto, T. & Soebiato, P. (2013).Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung :Alfabeta.
Ritzer, G. (2011).Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berpara digma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salman, D. (2012). Sosiologi Desa : Revolusi Senyap dan Tarian Kompleksitas. Makassar : Ininnawa.
Scott, J. (2012). Teori Sosial Masalah-masalah Pokok Dalam Sosiologi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Soekanto, S. (2012).Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suharto, E. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.
Suyanto, B. (2013).Anatomi Kemiskinan dan Strategi Penanganannya.Malang : In-Trans Publishing Wisma Kali Metro.
Wirawan, I, B. (2012).Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma (Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial). Jakarta: Kencana.
Sumardi K. (2009). Pendidikan Keaksaraan Dasar Melalui Metode Kombinasi Bagi Wanita Miskin dan Tuna Aksara di Pedesaan Indonesia.(Online). Diakses pada tanggal 28 April 2015
Permana, Heru Hairudin. (2011). Buta Huruf.(Online). (http://herhaiper.blogspot.com//2011/06/buta-huruf.html. Diakses pada tanggal 28 April 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id