IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v2i2.1976Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pembelajaran bahasa Arab di MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara dan untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan pada mata pembelajaran bahasa Arab di Mts Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. Jenis yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam mengumpulkan data yaitu: pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) telah diterapkan di MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara pada mata pelajaran bahasa Arab. Hasil penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara sangat baik, hal ini dapat dilihat dari semangat peserta didik dan aktif dalam pembelajaran bahasa Arab serta interaksi antara guru dan peserta didik, sesama peserta didik, guru serta sumber belajar dengan penerapan pembelajaran aktif,kreatif, efektif dan menyenangkan berlangsung secara baik.
Kata kunci:Implementasi, PAKEM, Bahasa Arab
Referensi
Departemen Agama Republik Indonesia. 2003. Al Quran Dan Terjemahanya. Bandung: Syaamil Media
Abu Achmadi, Cholid Narbuko. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Ahmadi Khoiru Iif. 2011. PAKEM Gembrot. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Beetlestone. 2011. Creative Learning Strategi Pembelajaran Untuk Melesatkan Kreativitas Siswa. Jakarta: Nusa Media
Depdiknas Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Balai Pustaka
Hadi,Sutrisno. 1983. Metodologi Research. Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologis UGM
Hasbullal. 2012. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Pembina Pusat Kamus Penyusun Tim. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sudiyono. 2006. Strategi Pembelajaran Partisipatori Di Perguruan Tinggi. Malang: UIN Malang
Suprijono, 2010), 7 Tips Aplikasi PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Yogyakarta : Diva Press.
Suryosubroto. 2009. Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Reneka Cipta
Ardi, Widodo Sembodo. Dkk. 2006. Pedoman Penulis Skripsi Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: