Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Muallimin Muhammadiyah Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v4i2.5924Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab di MA Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar khususnya di kelas XI MIPA. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas XI MIPA MA Muallimin Muhammadiyah Makassar. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil pra siklus yaitu 60,2% kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 72,3% dan ketika dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 86,5%. Total peningkatan yang terjadi dari pra siklus sampai siklus II meningkat menjadi 26,8% yaitu dari 72,3% menjadi 86,5%.
Keywords: Metode Bernyanyi, Kosakata, Bahasa Arab.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: