PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10799Abstract
Tujuan dari penelitian ini mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dalam rangka meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Aisyiyah Cabang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Aisyiyah Cabang Makassar dengan jumlah siswa 21. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa. Ini dapat dibuktikan pada siklus I dimana hasil belajar siswa memiliki rata-rata 68 yang masih dalam kategori kurang baik, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa memiliki rata-rata 76,5 yang termasuk kategori baik. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 23% dan siklus II 85%. Faktor yang mempengaruhi adanya peningkatan yaitu adanya pendamping yang lebih intensif, adanya motivasi dari guru mata pelajaran, dan adanya inovasi berupa alat peraga pendidikan.
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Meningkatkan hasil belajar, Bahasa Arab
References
Bobbi deporte. 2000. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: kaifa
Hamzah B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maurizal Alamsyah, Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping, (Jogjakarta: Mitra Pelajar, 2009), 14-15.
Muchtar, M. Ilham. “Contextual Teaching And Learning Method In Studying Arabic”. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Volume 14, nomor 1, Juni 2017.
Muhajir. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Cooprative Learning”, Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 3, nomor 1, Juli 2006.
Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ridwan Abdullah Sani. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Tony Buzan. (2008), Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.
Tony Buzan dan Barry, Memahami Peta Pikiran, (Bandung: Interaksara, 2008), 15
S. Suyanto, Dasar-dasar Pendidikan anak usia Dini, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: