MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP INTEGRAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) SISWA KELAS XII/IPA-1 SMA NEGERI 4 PAREPARE
DOI:
https://doi.org/10.26618/perspektif.v3i1.1323Keywords:
Tipe Think Pair And Share (TPS), Hasil BelajarAbstract
Hasil Belajar Matematika Pada Konsep Integral Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Siswa Kelas XII/IPA-1 SMA Negeri 4 Parepare. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam prosesw pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktifyang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika (Materi Trigonometri) dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas XII/IPA-1 SMA Negeri 4 Parepare, dengan tahap-tahap pelaksanaan penelitian terdiri dari rencana, observasi, tindakan dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, karena pada siklus I dari 12 aspek kegiatan guru diperoleh hasil Pengamatan sebesar 83,33% untuk 10 aspek dengan kriteria sangat baik (SB), dan Baik (B). Untuk kegiatan siswa dari 12 aspek kegiatan diperoleh 9 aspek atau sebesar 75% yang memperoleh kriteria sangat baik (SB) dan baik (B). Dan Analisis hasil belajar siswa diperoleh dari 35 orang siswa yang dikenai tindakan, ternyata baru 25 orang siswa atau 71,43% yang telah memperoleh nilai ≥ 65. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I maka perlu dilakukan siklus lanjutan (siklus II). Hasil pengamatan siklus II dari seluruh aspek kegiatan guru diperoleh hasil pengamatan sebesar 100% untuk 12 aspek dengan kriteria sangat baik (SB) dan Baik (B). Demikian pula hasil belajar siswa pada siklus II dari 35 orang siswa ada 33 orang siswa atau 94,29% yang telah memperoleh nilai 65 keatas sehingga daya serap yang diharapkan telah tercapai berdasarkan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) hasil belajar matematika ( Materi Trigonometri ) siswa dapat ditingkatkan.References
Arikunto, S. Suharjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati, Mujiono, 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: IKIP Malang
Ibrahim, Muslimin, dan Nur, Mohammad. 2000. Pembelajaran Koopertif. Surabaya :UNESA University Press.
Kurnianingsih, dkk, 2005 Buku paket Matematika SMA dan MA Jakarta: ESIS
Marpaung, Y. 1999. Mengejar Ketertinggalan Kita dalam Pendidikan Matematika, Mengutamakan Proses Berpikir Dalam Pembelajaran Matematika Makalah. Disampaikan Dalam Upacara Pembukaan Program S3 Pendidikan Matematika Universitas Surabaya, Tanggal 10 September 1999
Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ratumanan, T.G.2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.
Rianto, 2002, Pendekatan dan metode pembelajaran, Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.
Slavin, Robert R. 1997. Edukational Psychology-Theory and Practice: Fifth Edition. Massachusetts. USA: Allya and Bacon.
Soleh, Mohammad, 1998, pokok-pokok pengajaran matematika sekolah, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudjana, Nana, 2001. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Tiro, Arif M. 1999. Jelajahi dunia dengan tangga Bilangan. Makassar: Intelectual Signifikance Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.