ANALISIS SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN KOMODITAS BAWANG MERAH DI KELURAHAN TOMENAWA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • Irpan , Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hasriani , Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dewi Puspita Sari Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Arwati Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/agm.v2i2.7782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui margin pemasaran komoditas bawang merah di Kelurahan Tomenawa Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 187 orang petani dan penentuan sampel dilakukan dengan mengambil 15% dari total populasi, sehingga jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 28 orang petani bawang merah. Metode penentuan sampel menggunakan metode acak sederhana (simpel random sampling), serta pengambilan sampel sebanyak 7 orang pada lembaga pemasaran menggunakan metode bola salju (snowball sampling). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 saluran pemasaran komoditas bawang merah di Kelurahan Tomenawa Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang dengan nilai margin pemasaran yaitu : (1) petani – pedagang pengecer – konsumen (dengan nilai margin Rp. 3.500/kg); (2) petani – pedagang besar – konsumen (dengan nilai margin Rp. 8.000/kg); dan (3) petani – pedagang besar – konsumen (dengan nilai margin Rp. 8.500/kg).

 

Kata Kunci : bawang merah, saluran pemasaran, efisiensi pemasaran

Author Biography

  • Hasriani ,, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar
    Program Studi Agribisnis - Fakultas Pertanian - Universitas Muhammadiyah Makassar

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

ANALISIS SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN KOMODITAS BAWANG MERAH DI KELURAHAN TOMENAWA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG. (2022). AgriMu, 2(2). https://doi.org/10.26618/agm.v2i2.7782