Urgensi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Modernitas
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v6i02.6158Keywords:
Kata kunci, Urgensi Pendidikan Islam, Tantangan ModernitasAbstract
Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi nilai-nilai pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan modernitas. Era modernitas merupakan era kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih membawa berbagai perubahan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Era modernisasi telah berhasil mengembangkan pengetahuan dan teknologi canggih dalam kemajuan materil, namun disisi lain, ilmu pengetahuan dan teknologi canggih tersebut tidak mampu menumbuhkan moralitas (akhlaq) yang mulia. Bahkan dunia global saat ini, termasuk Indonesia diperhadapkan pada berbagai krisis, termasuk krisis spiritual yang membawa masyarakat kepada kemorosotan moral. Untuk mewujudkan manusia yang sanggup menghadapi tantangan modernitas, pendidikan Islam memiliki arti yang sangat urgen dan signifikan dalam memecahkan dan merespon berbagai krisis terutama krisis spiritual yang dihadapi masyarakat modern, karena pendidikan Islam di dalamnya mencakup pendidikan ketauhidan, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak. Pendidikan Islam berkaitan dengan pembinaan sikap mental spiritual yang dapat mendasari tingkah laku manusia dalam berbagai bidang kehidupan yang disebut dengan insan kamil. Pendidikan Islam merupakan proses transformasi dan internalisasai ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri peserta didik melalui bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh, dan mengawasi guna mencapai keselarasan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya.Adapun fokus kajian dalam tulisan ini adalah bagaimana pengertian pendidikan Islam dan modernitas, bagaimana nilai-nilai yang terdapat dalam pendidikan Islam dan bagaimana urgensi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan modernitas. Studi ini menemukan bahwa pendidikan Islam merupakan hal yang sangat urgen dan signifikan dalam menghadapi berbagai tantangan modernitas
References
Arifin, M. IlmuPendidikan Islam, Cet. V; Jakarta: PT. BumiAksara, 2011.
Agil, SaidHusin al Munawar, Aktualisasi Nilai Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam,Cet.II;Ciputat: PT. Ciputatat Press,2005.
Abdullah, M. Amin.Pendidikan Agama Era Multi Kultural Multi Religius,PusatStudiAgamadanPeradaban ( PSAP) Muhammadiyah, Jakarta, Hal.78-80.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT. Syamil Cipta Media, 2007.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam,Cet. IX; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajmen Sekolah, Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik (cet. III; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Khaereuddin, IlmuPendidikan Islam, Ed. I Cet. I; Makassar: CV. BerkahUtami, 2002.
Muhaimin,Arah Baru Pengembangan Penddikan Islam, Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia, 2003.
Majid, Abdul. dan Dian Andayani, PendidikanKarakterPerspektifIslam, Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Musdah Mulia, Siti, Membangun Surga di Bumi, Kiat-Kiat Membina Keluarga Ideal dalam Islam, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011
Lihat, Yunahar Ilyas, Kuliah Akidah Islam (Cet. III; Yogyakarta: LPPI, 1995)
Nasution, M. N. Manajemen Mutu Terpadu (Edisi kedua; Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.
Room, Muh, Aplikasi Tasawuf Dalam Pendidikan Islam, Mengantisipasi Krisis Spiritual di Era Global (Makassar, Berkah Utami, Cet. III, 2012). h. 182
Rimang, Siti Suwadah. Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna, Cet. I; Bandung: Ikapi, 2011.
Rosyadi, Khoiran. PendidikanProfetik, Cet. II; Yogyakarta:PustakaPelajar, 2004.
Robert H. Lauer, Perspektif tentang Perubahan Sosial, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Saefudin, Udin. Inovasi Pendidikan, Cet.I; Bandung: ALFABETA, 2008.
Soebani, Beni Ahmad. dan Hendra Akhdiyat, IlmuPendidikan IslamCet. I; Bandung: PustakaSetia, 2009.
Suryohadiprojo, Sayidiman. Islam Universal, Nurkholis Madjid, dkk.,Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2007.
Tilaar, M, H. A. R. Manajemen Pendidikan Nasional, Cet. IX; Bandung: Ikapi, 2008.
Umar, Bukhari. IlmuPendiidkan Islam, Ed. I. Cet. I; Jakarta: Amzah, 2010.
Zubaidi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Cet. V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com