Pembentukan Karakter Religius Mahasiswi Melalui Program Kuliah Intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

Authors

  • Mostofia Mostofia Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Achmad Maulidi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4827

Keywords:

tata tertib program intensif, karakter religius, mahasiswi

Abstract

Sampai saat ini program intensif masih diminati oleh banyak mahasiswa dari penjuru nusantara sampai ada yang dari luar negara, maka dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kuliah Intensif (Mahasantri) di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep 1). adakah pengaruh tata tertib program intensif terhadap pembentukan karakter mahasisiwi intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep. 2) seberapa besar pengaruh tata tertib program intensif terhadap pembentukan karakter religius mahasiswi intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. populasi penelitian ini adalah Mahasiswi Program Intensif  Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep sebanyak 227 mahasiswi. mengingat populasi di atas 100 maka penelitian ini akan menjaidi Penelitian sampel. instrument utama penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi merupakan instrument pendukung. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh tata tertib program intensif terhadap pembentukan karakterreligius mahasiswi intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. yang mana nilai pengaruhnya sebesar 50,5 %  dan 49,5% dipengaruhi oleh factor lain.

References

Duli, Nikolaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Datad Engan SPSS. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

El Iq Bali, Muhammad Mushfi, dan Nurul Fadilah. “Internalisasi Karakter Religius Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid.” Mudarrisuna, vol.9 (2019).

Fajrin, Pratiwi. “Studi Deskriptif Pemahaman Kedisiplinan Dalam Mentaati Tata Tertib Pada Siswa Kelas VII Di Smp Negeri 1 Mandiraja Tahun Ajaran 2012/2013.” Universitas Negeri Semarang, 2013.

Hayadi, Herawan. Sistem Pakar. Yogyakarta: Deephublish, 2018.

Monica, Mayeni Manurung, dan Rahmadi. “Identifikasi Faktor-Faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa.” Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, vol.1 (2017).

Nurul Huda, Muhammad, dan M. Turhan Yani. “Pelanggaran Santri Terhadap Tata Tertib Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan, vol.02 (2015).

Riyanto, Slamet, dan Aglis Andhita Hatmawan. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dana R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suprayitno, Adi, dan Wahid Wahyudi. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Suryani, dan Hendriyadi. Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. jakarta: Pranada Media, 2016.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyah, Jurnal Pendidikan Islam, vol.8 (2017).

Widya, Rika, Bachtiar Siregar, dan Rozana Salma. Holistik Parentng Pengasuhan Dan Karakter Anak Dalam Islam. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

“Sepanjang 2017, BNN Ungkap 46.537 Kasus Narkoba, 58.365 Orang Diciduk | Merdeka.Com.” Diakses 22 October 2020. https://www.merdeka.com/peristiwa/sepanjang-2017-bnn-ungkap-46537-kasus-narkoba-58365-orang-diciduk.html.

“Sepanjang Tahun 2019, BNN RI Ungkap 33.371 Kasus Narkotika - Beritajakarta.Id.” Diakses 24 October 2020. http://www.beritajakarta.id/read/75379/sepanjang-tahun-2019-bnn-ri-ungkap-33371-kasus-narkotika.

“SIARAN PERS AKHIR TAHUN 2018.” Diakses 24 October 2020. https://bnn.go.id/siaran-pers-akhir-tahun-2018/.

Downloads

Published

2022-05-25

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.