Pengaruh Mata Pelajaran Adab Sopan Santun Terhadap Perilaku Mahasiswi Intensif IDIA Prenduan Sumenep Madura
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4815Keywords:
Mata pelajaran Adab Sopan Santun, PerilakuAbstract
pelajaran Adab Sopan Santun merupakan upaya pondok pesantren Al-Amien untuk membentuk mahasiswa agar berperilaku baik, mata pelajaran Adab Sopan Santun diajarkan dalam bentuk formal, Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh mata pelajaran Adab Sopan Santun terhadap perilaku mahasiswi, kemudian seberapa besar pengaruh mata pelajaran Adab Sopan Santun terhadap perilaku mahasiswi. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif asosiatif hubungan kausal. Populasi penelitian adalah seluruh Mahasiswi Intensif Semester II Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Madura tahun pelajaran 2020/2021 Teknik sampling adalah menggunakan sample total, Survei menggunakan kuesioner dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Regresi Linear Sederhana melalui Statistik. SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel Mata pelajaran Adab Sopan Santun (X) terhadap variabel Perilaku (Y) mahasiswi Intensif semester II Institut Dirosat Islamiya Al-Amien prenduan Sumenep Madura Tahun 2020/2021 dikatagorikan cukup.References
Agung Widhi Kurniawan, Zarah Puspitaningtyas. Metode Penelitian Kuantitatif. yogyakarta: Pandiva Buku, 2016.
DaviqChairilsyah.https://www.researchgate.net/publication/321759020_Sopan_dan_Santun_dalam_Berbahasa_Cerminan_Akal_Budi_Masyarakat_Melayu_dan_Islam Diakses pada tanggal 01 februari 2021.
Muhammad Idris Jauhari. Adab Sopan Santun. Sumenep Madura: MUTIARAPress, 2020.
Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2010.
“Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku peserta didik.pdf,”
Sandu Siyoto, M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan A&D. Bandung: ALFABETA, CV., 2013.
Syahrum, Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Ciptapustaka Media, 2012.
Salman Rusydie kembangkan dirimu jadi guru multitalenta (Jogjakarta, DIVA Press, 2012), 09.
DaviqChairilsyah.https://www.researchgate.net/publication/321759020_Sopan_dan_Santun_dalam_Berbahasa_Cerminan_Akal_Budi_Masyarakat_Melayu_dan_Islam Diakses pada tanggal 01 februari 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com