Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Sdn 24 Macanang Kabupaten Bone
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4790Keywords:
Character Strengthening Education, Quality of education, Akhlakul KarimahAbstract
Terjadinya tawuran di kalangan pelajar,tindak asusila, penganiayaan yang menggambarkan peningkatan dalam perilaku kriminal serta merupakan indikator yang menunjukkan terjadinya degradasi dan krisis akhlak, moral dan etika sosial. Penguatan pendidikan karakter menjadi simbol penguatan karakter kebangsaan dan dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi saat ini. Untuk itu, pendidikan nasional harus berfokus pada penguatan karakter di samping pengembangan intelektual berupa kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan paedagogik dan sisiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi trangulasi waktu. Hasil Pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SDN 24 Macanang mencakup penguatan pendidikan karakter yang berbasis kelas, berbasis budaya dan berbasis masyarakat.
References
Anshori Isa. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah.” Halaqa: Islamic Education Journal (online), Vol. 1, No. 2,
(https://www.researchgate.net/publication/321939290_Penguatan_Pendidikan_Karakter_di_Sekolah, diakses pada tanggal 21 November 2019).
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
B. Marjani Alwi. 2014. Pendidikan Karakter: Solusi Bijak Menyikapi Perilaku Menyimpangi Anak. Makassar: Alauddin University Press.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Proyek Peningkatan Pelayanan Kehidupan Beragama, Pusat Direktorat JendralB imbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji.
Hendarman, dkk. 2017. Konsep dan Pedoman: Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Idi, Abdullah dan Safarina. 2016. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jejen Musfah. 2012. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta:Prenada Media Group.
Masnur Muslich. 2013. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Jakarta: Bumii Aksara.
Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pupuhi Fathurrahman. 2013. iPengembangani Pendidikani Karakter. Bandung:i PTi Refikai Aditama.
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun PPK. 2016. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter:Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Yaumi. 2014. Pendidikani Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta; Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com