Peran Keluarga dalam Membentuk Kepribadian Muslim Pada Anak, di Desa Disanah Kabupaten Sampang
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v6i02.4543Keywords:
Kata Kunci, Keluarga, Kepribadian Muslim, Anak.Abstract
Keluarga ialah unit sosial terkecil dalam masyarakat , yang terdiri atas ayah, ibu, serta anak, dimana dalam keluarga tersebut diatur oleh suatu aturan di rumah yang karakternya ditandai kepribadian yang dimiliki masing-masing, terutama orang tua Menjadi Figur untuk Anak Pembentukan kepribadian muslim bagi anak-anak dibutuhkan untuk dikenalkan agama secara kontinu kepada anak, agar menjadi sosok anak yang baik, kuat, dan percaya diri, Mendidik anak bisa dimulai dari usia dini melalui pendidikan dan pengalaman dan latihan-latihan yang diperoleh anak dari keluarganya yang melakukan pendidikan kepada anak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei dalam pengumpulan data menggunakan Interview, observasi, dokumentasi dan Angket. dimana data primernya diperoleh dari Interview dan data dokumen di desa disanah, kecamatan sreseh, kabupaten Sampang, kemudian dianalisis secara prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama: Usaha yang diperbuat orang tua kepada anak sebagai pendidik pertama: orang tua melatih, membimbing, memelihara, mengajar, dan mengarahkan pada anak pada agam islam. kedua: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepribadian Muslim Pada Anak yaitu faktor personalitas dan faktor lingkungan ( lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat ). Ketiga: Peran keluarga dalam membentuk kepribadian muslim pada anak: orang tua benar-benar berusaha dan bertanggung jawab dalam membentuk kepribadian anaknya agar menjadi seorang muslim yang taat menjalankan ajaran islam dan selalu menjauhi larangan-larangannya dalam kehidupan sehari-hari.
References
Abu Miqdad, Akhmad Azhar. (2013). Pendidikan Seks Bagi Remaja Menurut Hukum Islam. Mitra Pustaka.
Anas Sudijono. (1997). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.
Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Daradjat, Z. (1991). Ilmu Jiwa Agama. PT. Bulan Bintang.
H. Muh. Said. (2014). Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta.
Kartono, K. (1992). Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis. Mandar Maju.
Mahfuzh, Syaikh M. Jamaluddin (2013). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Pustaka Al-Kautsar.
Muslim, I. (1998). Shahih Muslim Juz II. Syarikat ‘Alawi.
Rusdiyanto, R. (2019). Upaya Penciptaan Budaya Religius dilingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Jember. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 43. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2070
Setiani, R. E. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga (Perspektif Agama dan Sosial Budaya). Yin Yang, 13(1), 105–116.
Suryabrata, S. (1989). Metodologi Penelitian. CV. Rajawali.
Suryabrata, S. (1990). Psikologi Kepribadian. CV. Rajawali Press.
Sutrisno, H. (1989). Metodologi Research II. Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Tafsir, P. D. A. (2017). Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com