Best Practice Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Metode Numbered Head Together
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v9i01.14981Keywords:
NHT, PAI, Learning Activity, Learning OutcomesAbstract
The Numbered Head Together (NHT) method has been widely applied by teachers and researchers. NHT is widely used by them with regard to improving learning outcomes, which is sometimes called learning achievement, sometimes it is also used to increase learning activity or learning activities. Not many have written NHT in the context of increasing activity and learning outcomes together in Islamic Religious Education (PAI) subjects. Therefore, this article is constructed to provide a conceptual overview of increasing activeness and learning outcomes in PAI through NHT. The method used is a literature study of the benefits and advantages of the NHT method and its learning steps combined with PAI material relevant to the NHT method. The result of this conceptual study is that the steps of the NHT method applied, modified, adapted, and created by PAI teachers consequently and obeyed by their students can increase activeness and learning outcomes simultaneously in PAI lessons.References
Agape Purwa Gracia, I. A. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 436–446. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.338.
Agus Suprijono. (2010). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM (Revisi). Pustaka Pelajar.
Anita Lie. (2010). Cooperative Learning: Mempratikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. PT. Grasindo.
Helda Yanti. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI DI KELAS VIII.4 SMPN 3 PASIR PENYU TP. 2016/2017. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 1037–1047. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.80
Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Magdalena H. Manafe, Farida Daniel, P. N. L. T. (2022). Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). JURNALBASICEDU, 6(3), 3279–3284. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2544
Magfirotul Fatkha, Ahmad Yuri Alam, I. F. (2022). ANALISIS METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. KARIMIYAH: Journal of Islamic LLIterature and Muslim Society, 2(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.59623/karimiyah.v2i1.17
Miftahul Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis (IV). Pustaka Pelajar.
Muhammad Afandi. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA PRESS.
Muhammad Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan (Cet I). Ar-Ruzz Media.
Muhammad Ilyas dan Achmad Faisol. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja, 6(1), 21–34. https://doi.org/https://doi.org/10.56013/jpka.v6i1.1083
Nanda Eka Agustina dan M. Arfan Mu’ammar. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/td.v7i2.2221
Rizka Fajriyati, Supandi Supandi, N. D. R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika. IMAJINER: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 56–66. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882
Teguh Yunianto dan Jannah Ulfah. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar melalui Strategi Numbered Head Together Berbantu Media Gambar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 64–74. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v8i1.706
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com