Analisis Materi Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri Bahan Ajar Akidah Akhlak MTs Kelas IX Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v9i02.14948Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian bahan ajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX semester I bab akhlak terpuji bagi diri sendiri dengan menggunakan kerangka teoretis kecerdasan majemuk Howard Gardner. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi pustaka (library research) sebagai salah satu metode penelitian. Pendekatan ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang tersedia melalui studi kepustakaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap bahan ajar yang diteliti sudah memadai, relevan, dan sesuai dengan aspek kognitif, afektif, psikomotorik , dan psikologi perkembangan peserta didik. Namun, masih perlu sedikit perbaikan terkait pendalaman materi dan juga butuh bahan evaluasi yang menarik yang bisa mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi tersebut. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kerangka teoretis perkembangan remaja untuk meningkatkan efektivitas pendidikan akhlak.
Kata Kunci : Akidah Akhlak, Bahan Ajar, Howard Gardner, Kecerdasan Majemuk
Abstract
This study was conducted to determine the suitability of teaching materials for Akidah Akhlak class IX semester I chapter of praiseworthy morals for oneself using Howard Gardner's multiple intelligence theoretical framework. This research applies a library research approach as one of the research methods. This approach aims to collect and analyze information available through literature studies. The results of the research conducted on the teaching materials studied are adequate, relevant, and in accordance with the cognitive, affective, psychomotor, and psychological aspects of learner development. However, it still needs a little improvement regarding the deepening of the material and also needs interesting evaluation materials that can measure the extent of understanding of the material. The implication of this research is the importance of developing teaching materials that are in accordance with the theoretical framework of adolescent development to increase the effectiveness of moral education.
Keywords: Akidah Akhlak, Teaching Materials, Howard Gardner, Multiple Intelligences
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com