EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG-SAW PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7212Keywords:
Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran KonvensionalAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai (1) Seberapa besar hasil belajar matematika siswa kelas X4 SMA Negeri 9 Makassar yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Seberapa besar hasil belajar matematika siswa kelas X6 SMA Negeri 9 Makassar yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional, (3) Apakah hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional. Sampel diperoleh dengan mengambil seluruh anggota populasi. Sampel terdiri dari 60 siswa yang berasal dari kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang dilaksanakan pada pertemuan pertama dan pertemuan terakhir. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial, hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 43,33% dan skor rata-rata 73,50% dari skor rata-rata ideal 100,00 dan standar deviasi 20,892, sedangkan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 33,33% dan skor rata-rata 43,50 dari skor rata-rata ideal 100,00 dan standar deviasi 20,726. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional untuk pokok bahasan persamaan kuadrat. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar dapat mengefektifkan pembelajaran matematika siswa.References
Abu Ahmadi. 1991. Tekhnik Belajar yang Efektif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Abu Ahmadi dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Abdurahman, Maman. 2007. Inti Sari Matematika SMA. Bandung: CV. Pustaka Setia
Ainy, Chusnal. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Pengaja-ran Matematika di sekolah Dasar. Tesis PPs IKIP Surabaya
Arends, Richard. 1997. Classroom Intruction and Management. Mc Graw Hill.
Azhari, Akhyas. 1996. Psikologi Pendidikan. Semarang: Toha Putra
Ferguson, George A. 1989. Statistical Analysis in Psycology and Education. Mc Graw Hill. Inc. Singapore.
Fithriani Sitti, 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mandiri Mahasiswa Unismuh Makassar. Penelitian Unismuh Makassar.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar Matematika. Malang: FKIP Malang.
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: IKIP Surabaya University Press.
Karso, dkk. 2001. Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Uni-versitas Terbuka.
Kurnianingsih Sri, dkk.2004. Matematika SMA. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Muktiyani. 2003. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada SMU Si-doarjo. Proposal Penelitian PPs Unesa.
Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Roesdakarya
Muliono & Abdurahman. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakar-ta: PT. Rineka Cipta
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: IKIP Surabaya Uni-versity Press.
Poerwadarminta. Wjs. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ratumanan. 2002. Hakekat Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Slavin, R.E. 1994. Using Student Team Learning: Theory, research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen, Dikti Depdiknas.
Soemantry Wasty.2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 1994. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sumanto. 1995. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: andi Offest
Wahyu, Widada. 1999. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Tesis PPs IKIP Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.