ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI KELAS VIII MTS N 6 BANTUL

Authors

  • Erika Yudhi Rengganis UIN SUNAN KALIJAGA

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.6212

Keywords:

students perception, math learning video, online learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan video sebagai solusi pembelajaran matematika online di kelas VIII MTs N 6 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 6 Bantul, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. dimana pembelajaran dilakukan secara online, menunjukkan respon yang sangat positif dengan skor rata-rata 3,50 Aspek penilaian sendiri terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal Penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat positif yang menunjukkan skor keseluruhan yang dimiliki siswa. persepsi yang sangat positif terhadap video pembelajaran matematika kelas VIII ini

Author Biography

  • Erika Yudhi Rengganis, UIN SUNAN KALIJAGA
    Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2018

References

Busyaeri, A., dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Tethadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1), 116-137.

Jatmiko, P. D., dkk. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Edcomtech, 1(2), 153-156.

Lubis, S. P. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. Jurnal Dedikasi, 1(2), 169-174.

Malinda, A. (2019). Skripsi: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8 SMA Kelas X. UIN Raden Intan, Lampung.

Putria, H., dkk. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Rachmadina, D. (2020). Skripsi: Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Powtoon Dengan Pendekatan Kontekstual. UIN Raden Intan, Lampung.

Romandhona A., & Jayanti P. P. (2021). Penerapan Teori Clark Leonard Hull Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 10-18.

Rosiyanti, H., dkk. (2020). Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Salim, K., & Pitriani. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Xaverius 1 Palembang. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56-63.

Susilo, A., dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Downloads

Published

2021-12-08

Issue

Section

Articles

Similar Articles

11-20 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.