EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING SETTING KOOPERATIF SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4374Keywords:
Efektivitas, Reciprocal Teaching setting KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model Reciprocal Teaching Setting Kooperatif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba tahun ajaran 2018/2019 dengan mengacu pada indikator keefektifan pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan respon siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel eksperimennya adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Bulukumba. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan:(1) rata-rata hasil pretest siswa yaitu 7,65 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil posttest siswa yaitu 77,7 berada pada kategori sedang, (2) hasil pretest menunjukkan ketuntasan klasikal 100% tidak tuntas. Hasil posttest menujukkan ketuntasan klasikal tercapai yakni 85% (17 siswa) mencapai ketuntasan individu,(3) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,75 (kategori tinggi),(4) rata-rata presentase aktivitas siswa sebesar 84%, (5)rata-rata presentase respon positif siswa 83%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model Reciprocal Teaching Setting Kooperatif lebih besar dari 73 (KKM),(2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Reciprocal Teaching Setting Kooperatif efektif digunakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba.References
Amri. 2016. Pengembangan Program Pembelajaran Matematika. Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar
Fajarwati, Munifah Sari. 2010. Penerapan Model Reciprocal Teaching sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI Akuntansi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioal si SMK Negeri 1 Depok.. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.uny.ac.id/2056/1/skripsi.pdf , diakses 21 Mei 2018).
Deasyanti. Monika Mahasastri. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau dari Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Kubus dan Balok. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (https://repository.usd.ac.id/1901/2/111414082_full.pdf, diakses 21 Mei 2018).
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini.2014. Perencanaa dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta. Rajawali Persada
Huda, Miftahul. 2016. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Krisiandi. 2016. Daya Imajinasi Siswa Lemah. Harian Kompas. Jakarta. (https://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah, diakses 30 Mei 2018).
Muslimin. Dkk. 2017. Jurnal:Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VII SMP. Palembang. FKIP Universitas Sriwijaya. (http://eprints.uny.ac.id/2056 /1/skripsi.pdf, diakses 21 Mei 2018)
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar
Putri,Sunita Amalia. 2018. Kemendikbud: Nilai Rata-rataUN SMP 2018 mengalami penurunan. detikNews. (https://news.detik.com/berita/d-4042222/kemendikbud-nilai-rata-rata-un-smp-2018-alami-penurunan, diakses 30 Mei 2018)>
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta. Rajawali Persada
Sardiyanti,r Ria.2010. Pernerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meninkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah Jakarta. (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3353/1/RIA%20SARDIYANTI-FITK.pdf, diakses 21 Mei 2018)
Siregar, Syofian. 2015. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfa Beta
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Konsep dan Praktiknya. Jakarta. Bumi Aksara
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.