EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BERBASIS BUDAYA BUGIS-MAKASSAR SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4370Keywords:
efektivitas, model Berbasis Budaya Bugis-MakassarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui penerapan model Berbasis Budaya Bugis-Makassar dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Pallangga semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan satuan eksperimen adalah kelas VIII B sebanyak 36 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen. Desain pada penelitian ini adalah satu kelompok Pretest-Posttest (The One Group Pretest-Posttest Design) yang hanya melibatkan satu kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada model Berbasis Budaya Bugis-Makassar yaitu 3,85 dan ini berarti berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. (2) skor rata-rata pretest siswa sebelum diterapkan model Berbasis Budaya Bugis-Makassar adalah 32,44 dan berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 7,78. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 36 siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Pallangga, siswa yang memperoleh skor kategori sangat rendah sebanyak 36 siswa (100 %), sedangkan skor rata-rata postest siswa setelah diterapkan model Berbasis Budaya Bugis-Makassar adalah 85,30 dengan standar deviasi 10,30 dimana skor terendah adalah 60 dan skor tertinggi adalah 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 32 siswa atau 88,89% mencapai ketuntasan individu dan 4 siswa atau 11,11% tidak mencapai ketuntasan individu. Ini berarti ketuntasan secara klasikal tercapai dengan nilai gain ternormalisasi yaitu 0,78 berada pada kategori tinggi. (3) aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu (82,93). (4) angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran melalui model Berbasis Budaya Bugis-Makassar positif yaitu (85,41). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Berbasis Budaya Bugis-Makassar efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Pallangga.References
Abbas, Irwan. 2013. Pappaseng: Kearifan Lokal Manusia Bugis Yang Terlupakan. Susiohumaniora, Volume 15 No. 3.
Akib, Irwan. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Bugis Makassar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Bahri, Syamsul. 2015. Efektivitas metode The Learning Cell Dalam Pembelajaran Matemtika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skipsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Darmapoetra, Juma. 2017. SukuBugis; PewarisKeberanianLeluhur. Makassar: Arus Timur.
Hidayanto, Erry,. dkk. 2016. Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahamkan Konsep Barisan Dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, Tahun III, Nomor 1.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, Karunia Eka. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT RefikaAditama
Ma’rup. 2012. Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Bugis-Makassar Di Kelas V Sd Negeri No. 141 Pakka Kabupaten Sinjai. Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan FKIP Unismuh Makassar, Volume 1 No. 2.
Nurnaningsih. 2015. Rekontruksi Falsafah Bugis dalam Pembinaan Karakter: kajian naskah Paaseng Toriolo Tellumpoccoe. JurnalLekturKeagamaan, Vol. 13, No. 2.
Qamar, Nurul,. Dkk. 2017. Menguak Nilai Kearifan Lokal Bugis Makassar. Makassar: SIGN
Rahmawati. 2015. Integrasi Nilai Budaya Siri’ dan Passe/Pacce Masyarakat Bugis-Makassar Dalam Pembelajaran IPA.Jurnal Pendidikan Nusantara Indonesia,Vol. 1, No. 1.
RahmiAlimin, Besse. 2017. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Berbasis Budaya Bugis-Makassar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. Skipsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Rusli, Muh. 2015. Impelementasi Nilai Siri’ Napacce dalam Agama Di Tanah Rantau: Potres Suku Bugis-Makassar Di Kota Gorontalo. Jurnal al-Asas, Vol. 111, No. 2.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RajagrafindoPersada
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada
Supardi. 2015. SekolahEfek tif. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Suprihaningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajara. Jogjakarta: Ar-rus Media
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori &Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Syarif, Erman., Sumarni., Fatchan, Ach., &Astina, I Komang. (2016). Integritas Nilai Budaya Etnis Bugis Makassar dalam Proses Pembelajaran sebagai Salah SatuS trategi Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, Vol. 1.
Trianto. 2014 . Model PembelajaranTerpadu. Jakarta: PT BumiAksara
Umar, Nur Fadhilah. 2017. Pengembangan Model Kepribadian Konselor Efektif Berbasis Budaya Siri’ Na Pacce. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, Volume 20 Nomor 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.