IMPLEMENTASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3910Keywords:
Implementasi, etnomatematika, hasil belajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dikelas VII MTs yayasan Perama Tutallu pada materi segitiga dan segiempat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teshasil belajar, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dengan mengimplementasikan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajarsiswaReferences
Andriyani, Kuntarto. 2017. “Etnomatematika: Model Baru Dalam Pembelajaran”. JURNAL GANTANG, 2, 2, hal 133-144.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.Ghalia Indonesia. Cetakan I. Bogor.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Heryan Umaedi ,2018. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Mateatika Raflesia. Vol, 3 No 2(Online) p-ISSN: 2548-4435 e-ISSN: 2615-8752 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Kemendikbud. Pusat Penilaian Pendidikan. Diakses dari https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un. 28 Februari 2019
Mappease, Yusuf. 2009. “Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar”. Jurnal Medtek, 1, 2.
Nafi’ah Istinganatun, 2016. Meningkatkan hasil belajar matematika yang diterapkan pada materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari 2 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang. (Skripsi).Institut Agama Islam Negri Salatiga.
Nofitasari, Mastur dkk. 2015. “KeefektifanModelPembelajaranTutorSebayaBernuansa EtnomatematikaTerhadapKemampuanPemecahanMasalah PesertaDidikPadaMateriSegiempat”. Unnes Journal of Mathematics Education, 4, 3, ISSN 2252-6927
Nur’aini, Harahap dkk. 2017. “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra”. Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16, 2, ISSN: 1412-5056 / 2598-8980.
Nurliastuti, Dewi dkk. 2018. “Penerapan Model PBLBernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal PRISMA, 1, hal. 99-104..
Richardo. 2016. “Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013”. Jurnal Literasi, 7, 2, hal. 118-125.
.Sirate. 2012 . “Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar”. Jurnal Lentera Pendidikan, 15, 1 hal. 41-54.
Sulastri, Imran dkk. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3, 1, hal. 90-103.
Susanto, Ahmad. 2016. “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamadia Group.
Trisnawati. 2014. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Pada Kelas Iv Di Sd Negeri Godean 2 Sleman Yogyakarta”. (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Trianto. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research) Teori & Praktik. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Wahyudi. 2015. “Aktivitas Etnomatematika pada Budaya Lokal Masyarakat Etnis Lampung di Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat”. (Skripsi), Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Wahyuni, Tias dkk. 2013. “Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa”. Prosidding, ISBN : 978–979–16353–9–4, hal. 113-118
Zahroh Umy, 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Ethnomatika. http://blog.iain-tulungagung.ac.id/red-c/wp-content/uploads/sites/109/2018/04/RED-C_Penerapan-Pembelajaran-Etnomatematika.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.