PENERAPAN CLASS ROOM-BASED ASSESSMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3909Keywords:
Menerapkan class room-based assessment, meningkatkan prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan class room-based assessment dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas X IPS MAN Nagekeo tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN Nagekeo semester genap dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran class room-based assessment sangat baik sekali. 90,47% sudah menandai kategori yang baik sekali. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran class room-based assessment sudah sangat baik. 85,71% sudah menandai kategori yang baik sekali. Sedangkan Prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran class room-based assessment mengalami peningkatan. 88,89% siswa mencapai ketuntasan secara individu, berdasarkan analisis terhadap pencapaian KKM yang telah ditetapkan sekolah.References
Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh
Anas, Sudijono. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
-----.2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung
Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. : Rineka Cipta.
Dede Rosyada. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana. Depdiknas.
Muslich, Masnur. 2007. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Roberd L. Linn dan Gronlund. 1995. Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey/Columbus, Ohio: Merril, an imprintof prentice Hall Education.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas : Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.