ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3513Keywords:
Analisis Kesalahan Newman, Soal Cerita, Bangun ruang Sisi DatarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang tidak dilengkapi dengan langkah-langkah atau prosedur yang sesuai. Penelitian ini dilakukan di MTs. Syekh Yusuf kelas IX.B dengan jumlah siswa 31 orang, jumlah subjek dipilih sebanyak 3 orang yang memilki kesalahan terbanyak pada tes geometri. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dala menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes geometri, tes soal cerita dan wawancara. Tes geometri yang berupa tes pilihan ganda diberikan kepada seluruh siswa dengan tujuan untuk menentukan subjek penelitian. Tes soal cerita bangun ruang sisi datar diberikan kepada subjek penelitian, dengan tujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk ditentukan jenis kesalahan yang dilakukan. Selanjutnya dilakukan wawancara kepada subjek penelitian dengan tujuan untuk mengtriangulasi temuan dari tes soal cerita. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan subjek meliputi kesalahan membaca (reading error) yaitu tidak dapat menjelaskan dari beberapa istilah yang telah disebutkan sebelumnya, kesalahan memahami masalah (comprehension error) yaitu tidak dapat memahami sebagian makna dari apa yang diketahui dan ditanyakaan pada soal, kesalahan transformasi (transformation error) yaitu tidak dapat menggunakan rumus yang tepat dan tidak bisa mentransformasi infomasi yang terdapat pada soal sehingga rumus yang digunakan tidak tepat untuk menyelesaikan soal, kesalahan keterampilan proses (process skill error) yaitu menggunakan rumus yang tidak tepat dan tetap melakukan proses perhitungan yang sesuai meskipun tidak memperoleh penyelesaian yang benar dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error) yaitu tidak dapat menyimpulkan dengan benar dari hasil pekerjaannya dan tidak menemukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan soal, karena menggunakan rumus yang salah sebelumnya.References
Asmarani, A. D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VII SMP Aloysiusturi Tahun Ajaran 2015/2016 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Topik Bilangan Bulat Berdasarkan Prosedur Newaman. Yogjakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Sanata Dharma.
Humaerah, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas VIII MTs Muhammadiyah Tanete Kabupaten Jeneponto. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar. Uin Alauddin.
Pratama, S. D. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Runag Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII B SMP Institut Indonesia. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogjakarta. Universitas Sanata Dharma.
Utami, A. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwekerto. Alpha Math, (Online), Vol. 3, No.2. (http://jurnalnasional.ump.ac.id, diakses pada 8 Juni 2019).
Yuningsih, N. (N.D.). Analisis Pemahaman Tentang Pengetahuan Faktual Konseptual dan Spritual pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Ummul Mukminin Makassar. . Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.