PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPAN REFUSI” PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKISTUAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RIUNG
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17338Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun beberapa tujuan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran melalui pendekatan kontekstual antara lain : meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, membantu siswa menemukan makna pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan ketertarikan siswa untuk terus belajar, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta membantu siswa berpikir kreatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Riung. Hasil observasi peneliti menunjukan bahwa hasil belajar dan tingkat motivasi siswa masih sangat rendah terutama pada materi relasi dan fungsi. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan karena kebanyakan guru mengajar hanya berpaku pada buku pelajaran dan dengan metode yang kurang menarik serta tidak menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengambil solusi dengan cara pengembangan media pembelajaran papan refusi melalui pendekatan kontekstual materi reasi dan fungsi kelas VIIIReferences
Ainggriaini Diaih Puspitaisairi, (2019). Peineiraipain Meidiai Peimbeilaijairain Fisikai Meinggunaikain
Modul Aijair Ceitaik Dain Modul Eileiktronik Paidai Siswai SMAi. Jurnail Peindidikain Fisikai Vol. 7, No. 1. 17
Beilai, M.Ei (2018). Peingeimbaingain Peiraingkait Peimbeilaijairain Konteikstuail Untuk Maiteiri Sisteim MPeirsaimaiain Lineiair Duai Vairiaibeil Di Keilais X Siswai SMK. Jurnail Ilmiaih Peindidikain Citrai Baikti. Vol. 5, no.1. 65-75
Beilai, M.Ei, dkk. (2022). Peindaimpingain Beilaijair Maiteimaitikai Seikolaih Daisair Beirbaisis
Peindeikaitain Peimbeilaijairain Maiteimaitikai Reiailistik Di Keiluraihain Todaibeilu. Jurnail Aibdimais Ilmiaih Citrai Baikti (JAiICB), Vol. 03, No. 01, 12-22
Beilai, M.Ei., Weiwei, M., Sukai, F.R (2023) Deiveilopmeint Of Leiairning Cyclei 7Ei – Baiseid
Teiaiching Maiteiriails On Thei Topics Of Cairteisiain Coordinaiteis. Jurnail peindidikain MIPAi. Vol. 24, No. 02, 880-889
Beilai, M.Ei., Weiwei, M. (2024) Inteigraiting Eithnomaitheimaitics Into Ai Trainsformaition
Geiomeitry Modulei To Einhaincei Seilf Eifficaicy Ailjaibair : Jurnail Peindidikain Maiteimaitikai Vol. 15, No. 02, 547-557
Beilai, M.Ei., Weiwei, M., Leingi, Siskai. (2021). Peingeimbaingain Modul Maiteimaitikai Maiteiri
Airitmaitikai Sosiail Beirbaisis Peindeikaitain Saiintifik Untuk Siswai Keilais VII SMP. Ceindeikiai : Jurnail Peindidikain Maiteimaitikai, Vol. 05, No. 01, 391 - 400
Bhokei, W. (2020). Peingeimbaingain Leimbair Keirjai Siswai Beirbaisis Kairaikteir Deingain Modeil
Reiailistic Maitheimaitics Eiducaition Paidai Maiteiri Seigi Eimpait. Jurnail Peindidikain Maiteimaitikai (Kudus), vol. 01, no. 03, 49-58
Bhokei, W., Beilai, M.Ei., (2023). Peingeimbaingain Peiraingkait Peimbeilaijairain Maiteimaitikai
Beirbaisis Keimaimpuain Peimeicaihain Maisailaih Untuk Siswai Keilais XI. Journail On Eiducaition Vol. 05, No. 03, 9603-9608
Duai, Y., Wainggei, M.C.T., Beilai, M.Ei. (2022). Peingeimbaingain Baihain Aijair Beirbaisis
Peindeikaitain Peimbeilaijairain Maiteimaitikai Reiailistik (PMR) Paidai Maiteiri Beintuk-Beintuk Ailjaibair Siswai Keilais VII SMP. Jurnail Citrai Peindidikain, Vol. 02, No. 01, 157-170
Dr. Mukhtair, M.Pd., Drs. Saimsu., Drai. Rusmini( 2018). Peindidikain Ainaik Baingsai
Peindidikain Untuk Seimuai. Nimais Multimai : 85-170
Jaiwai, Ai.N, Beilai, M.Ei., Bhokei, W, (2022). Peimngeimbaingain Baihain Aijair Paidai Maiteiri Reilaisi
dain Fungsi Beirbaisis Peindeikaitain Peineimuain Teirbimbing Untuk Siswai Keilais VIII SMP. Jurnail Ceindikiai : Jurnail Peindidikain Maiteimaitikai, Vol. 06, No 02, 1568 – 1583
Kosu, M.B.P., Bhokei, W., Beilai, M.Ei., Weiwei, M (2023). Peingeimbaingain Modul Aijair
Maiteimaitikai Beirbaisis Peindeikaitain Peindidikain Maiteimaitikai Reiailistik (PMR) Paidai Maiteiri Staitistikai Untuk Siswai Keilais VIII SMP. Jurnail Peindidikain Maiteimaitikai Vol. 07, No. 02, 2127 - 2139
Laiudhirai Kinaintyai Hainainnikai., Sukairtono (2022). Peineiraipain Meidiai Peimbeilaijairain
Beirbaisis TIK Paidai Peimbeilaijairain Teimaitik Di Seikolaihy Daisair. Jurnail BAiSICEiDU Vol. 6, No.4. 6380-6388
Muhaimaid Aili (2009) Peingeimbaingain Meidiai Peimbeilaijairain Inteiraiktif Maitai Kuliaih Meidain
Eilkeiktromaigneitik. Jurnail Eidukaisi Vol. 5, No. 1, 12-22
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.