EKSPLORASI HUBUNGAN ANTARA LITERASI MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17060Keywords:
Era digital, Literasi Matematika, Kemampuan Problem SolvingAbstract
Di era digital, literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah menjadi keterampilan penting bagi siswa untuk beradaptasi dalam masyarakat berbasis teknologi. Literasi matematika melibatkan pemahaman konsep dan penerapannya dalam situasi nyata, termasuk pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk mengeksplorasi hubungan antara literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa di era digital. Sampel terdiri dari 35 siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Sinjai yang dipilih dengan teknik cluster sampling, dengan pengumpulan data melalui tes literasi matematika yang diadaptasi dari PISA dan tes pemecahan masalah yang dirancang khusus untuk konteks digital. Uji normalitas dan linearitas memastikan data memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke analisis korelasi. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi yang sangat tinggi antara literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,997 yang mengindikasikan bahwa hampir seluruh variansi kemampuan pemecahan masalah dapat dijelaskan oleh literasi matematika. Temuan ini menegaskan bahwa literasi matematika tidak hanya penting untuk prestasi akademik, tetapi juga mendukung keterampilan kognitif tingkat tinggi yang diperlukan dalam konteks digital. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan literasi matematika harus diperkuat dalam kurikulum sekolah dengan pendekatan berbasis proyek dan aplikasi digital, guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kompleks di masa depan yang semakin berbasis teknologi.References
Adlina, A., Syahputra, E., & Sitompul, P. (2024). The Effect of Mathematical Literacy Ability, Critical Thinking Ability, and Mathematical Communication Ability on the Mathematical Pemecahan masalah Ability. 50–55. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2023.2343261
Amidi, A. (2024). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 998–1004.
Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft® Office 365TM Bagi Pendidik di Kabupaten Klaten untuk Mewujudkan 21st Century Learning: Sebuah Langkah Awal. November. https://doi.org/10.31227/osf.io/n3f5w
Azhari, D. N., Surahman, E., & Nuryadin, E. (2021). Korelasi Self Confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 5(2), 26–31. https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/3403
Bintang, D. W. P., Pertiwi, A. D., & Azainil, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi pada Proses Pembelajaran di PAUD. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(3), 873–884. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.810
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Darko, I. O., Apoenchir, H. K., & Mensah, J. Y. (2022). Mathematical Constructs – What Are These and Their Interconnection with Ethnomathematical Concepts. Indonesian Journal of Ethnomathematics, 1(2), 89–104.
Geary, D. C., Berch, D. B., & Mann Koepke, K. (2019). Introduction: Cognitive Foundations for Improving Mathematical Learning. Cognitive Foundations for Improving Mathematical Learning, 1–36. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-815952-1.00001-3
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review. Sustainable Operations and Computers, 3(February), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Handayani, S., W Mintarti, S. U., & Megasari, R. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Ekonomi “Model-model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0". In Strategi pembelajaran Ekonomi Model-model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. www.literindo.id
Husna, N. M., Isnarto, I., Suyitno, A., & Shodiqin, A. (2022). Integrasi Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 841–845.
Irmayanti, I., Nurjannah, N., & Syarifuddin, S. (2021). Statistika Dasar. Pena Persada.
Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021). How are Students’ Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012018
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148.
National Research Council. (2012). Education for life and work: Developing transferable knowledge and skills in the 21st century. Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century, 1–242. https://doi.org/10.17226/13398
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pratama, M. A. (2020). Mathematical critical thinking ability and students’ confidence in mathematical literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012028
Primasari, R. S., Aziz, T. A., Hakim, L. El, & Hidajat, F. A. (2024). Desain Pembelajaran dengan Pemecahan masalah untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Materi Integral. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(2), 358–377. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v2i2.3634
Rachmawati, T. K., Kusnadi, F. N., & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 170–178. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis pemecahan masalah in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Rusmana, I. M. (2019). Literasi Matematika sebagai Solusi Pemecahan Masalah dalam Kehidupan Literasi matematika, pemecahan masalah. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 475–484.
Sabela, A., Rahayu, Y. N., & Nurdiansyah, R. (2022). Literasi Matematis Siswa di Era Digital. Mathematics Education on Research Publication (MERP I ), 12, 12–15.
Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026
Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302.
Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Solving Dan Problem Posing Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7155
Ulya, S. F., & Wardono. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Wismath, S., Orr, D., & Mackay, B. (2015). For the Scholarship of Teaching and Learning Threshold Concepts in the Development of Problem-solving Skills. Teaching & Learning Inquiry, 3(1), 63–73.
Yusuf, M. (2018). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.