PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16398Keywords:
model pembelajaran project based learning, problem based learning, kemampuan pemahaman matematisAbstract
Abstrak Matematika merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa di sekolah. Namun kenyataannya siswa SMK Negeri 3 Gunungsitoli mengalami kendala dalam pembelajaran karena kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah. Sehingga siswa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan masalah kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model pembelajaran project based learning dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Gunungsitoli dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang diambil secara nonprabability sampling, yaitu siswa kelas XI-TKJ 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI-MP 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian ini berbentuk essay test kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis satu pihak, diperoleh nilai thitung = 4,021 dan ttabel = 1,682. Karena thitung = 4,021 > ttabel = 1,682 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti : ada perbedaan keefektifan model pembelajaran project based learning dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.References
Aulia, L & Budiarti, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Of Elementary School Education. 2(1), 105- 109. https://doi.org/10.52657/jouese.v2i1.1628
Darwanto. (2019). Hard Skills Matematis Siswa (Pengertian Dan Indikatornya). Jurnal Eksponen. 991), 21-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129
Firdaus, A. A., et al.(2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Learning Cycle 5E Ditinjau dari Metakognisi Siswa. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. 12(3), 382- 398. https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8462
Giriansyah, F. E., et al (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 751- 765.
Hermawan, V., et al (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisons (Stad). Journal Of Research In Mathematic Learning And Education. 6(1), 71-81. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Khoerunnisa, P., & Aqwal, M.S. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1), 1-27. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Kurniawan, D & Sabaruddin. (2023). Analisis Perbandingan Penerapan Model PjBL (Project based learning) dengan PBL (Problem based learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. Journal of Education Sciences and Teacher Training. 12(1), 1-12 http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.22029
Nata, I.G & Sujana. (2020). Efektivitas Model Project based learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS. Thinking Skills and Creativity Journal. 3(2), 91-98. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.27418
Nurhakim, et al. (2020). Perbandingan Model Project based learning Dan Problem based learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mata Pelajaran Geografi Di Sma N 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Sosial. 7(1), 121- 129.
https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1573
Rahayu, et al. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat. 7(1), 39-45. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.863
Sawaludin, et al. (2022). Metode Dan Model Pembelajaran. Yayasan Hamjah Diha.
Suprijono, A.(2020). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Sutrisna, G. B., et al. (2020). Model Project based learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya. 1(2), 84- 93. 10.23887/jabi.v2i2.28898
Syarifah, L.L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman mAatematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10(2), 57-71. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Widiawati, Y., et al. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JURRIMIPA. 1(2), 12-25. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.