PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16388Keywords:
Problem Based Learning, Perangkat Pembelajaran, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) peserta didik rendah, sedangkan KPMM penting dikuasai peserta didik dalam belajar matematika. Maka sebab itu, tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk memfasilitasi KPMM peserta didik kelas VIII SMP. Dalam uji coba penelitian melibatkan subjek dengan total 9 orang peserta didik SMPN 1 Gunung Sahilan kelas VIII A. Dalam pengumpulan data, instrumen yang dibutuhkan terbagi atas instrumen kevalidan dan instrumen kepraktisan dengan memanfaatkan teknik wawancara, observasi, uji kevalidan perangkat pembelajaran dan uji coba LKPD. Hasil penelitian ditemukan bahwa perangkat pembelajaran tergolong sangat valid dengan rataan silabus yaitu 3,91; rataan RPP yaitu 3,89; dan rataan LKPD 3,70. Sementara itu, LKPD juga tergolong sangat praktis dalam uji coba kelompok kecil dengan rataan 3,84 dan dalam uji coba kelompok besar dengan rataan 3,73. Dengan demikian, LKPD yang dihasilkan sudah mencapai persyaratan valid dan praktis.References
Adhyan, A.R., & Sutirna. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 451-462. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289
Ananda, R., & Amry, Z. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 3(1), 366-384. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2543
Arbie, A., dkk. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Problem Solving Berbantuan Whatsapp dan Zoom Meeting pada Pembelajaran Daring. Orbita, 7(2), 394-399.
Azzahra, T. S., dkk. (2023). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Matematika. Wilangan, 4(1), 27-33. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.13430
Fahmidani, Y., Andayani,Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA. Jurnalfkip.unram, 2(1), 1-5. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1120
Guswinda, Yuanita, P., & Hutapea, N.M. (2019). Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through StrategiesThink Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency. Journal of Educational Sciences 3(3), 77–89. http://dx.doi.org/10.31258/jes.3.3.p.377-389
Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I. M. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 923-937. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12634
Layali, N. K., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 6(2), 137-144. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11448
Junitasari, Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 44–58. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.415
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1) 65-73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Nuraini, Maimunah & Roza, Y. (2020). Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799-808. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2957
Ruslan & Anwar, Z. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. e-journal Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 92–104. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.770
Rusman. (2021). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahid & Bernard. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika and Pendidikan Matematika, 7(2), 680-686.
Sari, K., Goretty, M., Ariyanto, L., & Purwati, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Jurnal Eksponen.13(1), 25-36.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830
Syahril, R.F., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 78-90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320
Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Elektronik Internasional Pendidikan Matematika, 14(2), 375-383.
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.