ANALISIS KESALAHAN CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL FUNGSI RASIONAL BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16217Keywords:
Analisis Kesalahan, Integral Fungsi Rasional, Kalkulus Integral, Tahapan KastolanAbstract
Mata kuliah kalkulus integral membahas integral dan penerapannya. Dalam kenyataan mahasiswa sering melakukan kesalahan dalam mengintegralkan, seperti mengintegralkan fungsi rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan calon guru matematika dalam mengintegralkan fungsi rasional pada perkuliahan kalkulus integral menurut tahapan Kastolan dan faktor penyebab kesalahannya. Penelitian dengan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif ini, menggunakan intrumen penelitian berupa dokumen hasil pekerjaan Ujian Akhir Semester Genap tahun akademik 2023/2024. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih lima subyek penelitian dari 13 mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kesalahan berdasarkan tahapan Kastolan. Dari data yang terkumpul dianalisis dengan cara mereduksi data, mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk masing-masing jenis kesalahan 74,4% untuk konseptual, 87,2% untuk prosedural dan 92,3% untuk teknikal. Beberapa kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan soal integral fungsi rasional karena tidak dapat memilih rumus yang tepat, tidak dapat mengerjakan secara urut, tidak dapat memfaktorkan, tidak dapat memahami bahwa fungsi yang diintegralkan merupakan integral fungsi rasional, tidak dapat mengintegralkan integral dasar, melakukan perhitungan yang ceroboh atau kurang teliti. Kesimpulan yang diperoleh kesalahan terbesar mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral fungsi rasional pada kesalahan teknikal, yang disebabkan dari tidak dapat memfaktorkan fungsi dan melakukan pengintegralan.References
Aditya, C. C., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257
Agustina, I. R., Mulyono, M., & Asikin, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11399
Aprilianti, I., Lestariningsih, L., & Lutfianto, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 9(2), 9–17. https://doi.org/10.51836/je.v9i2.622
Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790
Delvia, O. H., & Cut, L. Z. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 143–154.
Hajerina, Suciati, I., & Sartika, N. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Dua Variabel. Koordinat Jurnal MIPA, 3(2), 23–32. https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i2.41
Hasibuan, N. S. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy, 9(3), 486. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5287
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Khoiri, M., Setyo, A., Lestari, B., & Rayungsari, M. (2024). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Teori Kastolan Di MA At Taqwa Cabean. 3(3), 157–168.
Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
Faris, M. N., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2019). Pembuktian Teorema Pythagoras Berbasis Visual. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 6(1), 8–14.
Mujib, A. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan Cri Pada Mata Kuliah Kalkulus Ii. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181–192. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.305
Putri, S. A., & Musdi, E. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Kastolan. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 169. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.9871
Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114
Sudjanta, R. J., Fahri A.M.A., Sasmita, R. F. P., & Abdullayev, R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berbasis Teori Kastolan. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 129–137. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2289
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Siregar, H. M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 497–507. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2379
Soesanto, R. H. (2021). Tinjauan Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Berdasarkan Model Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.