PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI NUMERASI PADA MATERI STATISTIKA UNTUK TINGKAT SMA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15343Keywords:
literasi numerasi, statistika, konteks social, konteks budaya, konteks personalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen literasi numerasi pada materi statistika bagi siswa SMA dengan menggunakan konteks budaya dan personal yang relevan. Metode penelitian ini melibatkan beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan instrumen, validasi oleh ahli, serta uji coba pada siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, form validasi ahli, angket keterbacaan, dan tes literasi numerasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa sebagian besar instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Penggunaan konteks yang familiar bagi siswa, seperti budaya Banten dan pengalaman kehidupan sehari-hari, terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengaplikasikan konsep statistika dalam situasi nyata. Hasil implementasi di kelas menunjukkan bahwa instrumen ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi statistika, tetapi juga menarik minat mereka dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan agar pengembangan instrumen literasi numerasi terus dilakukan dengan mempertimbangkan konteks yang relevan untuk siswa serta pelatihan bagi guru dalam mengimplementasikan instrumen ini.References
Apriatni, S., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Materi Trigonometri Kelas X Sma. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 185. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.13720
Ariesandi, I., Syamsuri, Yuhana, Y., & Fatah, A. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret siswa SMA. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 178–190.
Asyari, A., Saputra, E., Wulandari, W., Nuraina, N., & Listiana, Y. (2024). Pengembangan soal literasi numerasi berbantuan quizizz dengan menggunakan konteks sosial budaya kota tebing tinggi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.21648
Brata, S. K., Sari, D. V., Muftiyah, S., Herman, T., & Hasanah, A. (2023). Kemampuan Representasi Verbal Siswa SMA dalam Mengerjakan Soal Numerasi Asesmen Kompetensi Minimum. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 78–94. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i2.7863
Crowe, A. R. (2010). “What’s Math Got to Do With It?”: Numeracy and Social Studies Education. The Social Studies, 101(3), 105–110. https://doi.org/10.1080/00377990903493846
Hidayat, A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Book Publishing.
JANNAH, U., Rosi, M., & Hafsi, A. R. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Terhadap Kecerdasan Emosional. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 12(1), 98–112. https://doi.org/10.51226/assalam.v12i1.513
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615
Kemdikbud. (2021). Permendikbudristek nomor 17 tahun 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–10.
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Lestari, G. D., Widodo, & Yusuf, A. (2022). The Role of Parents in the Development of Numerical Literacy in Early Childhood. European Journal of Education and Pedagogy, 3(5), 86–92. https://doi.org/10.24018/ejedu.2022.3.5.451
Liswati, T. W., Dr. Yuyun Sri Yuniarti, M. P., & Sakinah, N. G. A. P. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Numerasi.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Muliyani, T., & Huriaty, D. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Geometri dan Pengukuran pada Jenjang SMP. 2(2), 91–98.
Nishfani, N. M., Kusmanto, H., & Akbar, R. O. (2017). Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Statistik Siswa SMA Sederajat Berdasarkan Mutu Sekolah. Procediamath, 1(1), 33–47. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/semnasmat/article/view/2020
OCDE. (2023). PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education. Pisa 2022, I, 491.
Oktaviranda, A., & Asmara, A. (2021). Kemampuan Literasi Melalui Pengembangan Soal pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 15. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10620
Putri, Sandi, E., Yusmin, Edy, Nursangaji, & Asep. (2021). Analisis Kemampuan Lietrasi Numerasi Pada Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Dikaji Dari Kecerdasan Emosiaonal. 2(2), 174–183.
Rohendi, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Statistika. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(3), 398–404. https://doi.org/10.51878/science.v2i3.1591
Sakina Rahmi Hamsia, Pipit Firmanti, M. P. (2023). Penggunaan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTsS YATI Kamang Mudik TP. 2023/2024. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(4), 43–52. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i4.1243
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kulitatif, Kuantitatif dan RnD. Alfabeta.
Syahri, A. A. (2014). Statistika Pendidikan. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 6(2), 122–129. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/7246
wardhani, sri dan rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 55.
Wirawan, N., & Nindiasari, H. (2024). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Konten Budaya Banten Materi Perbandingan untuk Siswa SMP. 08(June), 1148–1161.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.